Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.98Keywords:
Model Pembelajaran, Double Loop Problem Solving, Hasil BelajarAbstract
Pengajar atau pendidik memegang peran penting dalam proses belajar mengajar, baik dalam merencanakan maupun melaksanakan pembelajaran. Kualitas pengajar menjadi salah satu faktor keberhasilan siswa. Model Double Loop Problem Solving (DLPS) adalah variasi dari pembelajaran dengan pemecahan masalah dengan penekanan pada pencarian kausal (penyebab) utama dari timbulnya masalah. Model Double Loop Problem Solving (DLPS) banyak digunakan untuk menunjang pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan dengan Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Manusia. Penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI di SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur. Sampel yang terpilih sebanyak 29 siswa. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari penerapan model Double Loop Problem solving (DLPS) pada materi sistem pencernaan pada manusia kelas VI.a di SD Negeri Bukit Tiga Aceh Timur, dapat dilihat dari perhitungan uji peningkatan yaitu peningkatan sebesar 66,43% dengan kriteria tergolong tinggi. Model ini merupakan model pembelajaran pemecahan masalah dengan penekanan pada pencarian penyebab utama dari timbulnya masalah. Sehingga dalam pembelajaran siswa dituntun untuk memikirkan suatu permasalahan semakin mendalam, dengan demikian siswa dapat memahami materi dengan baik.
References
Dewi, P. N., Poerwanti, J. I. S., Abidin, M. Z., Islam, U., Sunan, N., Age, G., … Zahro, I. F. (2018). Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak Citra Samata Kabupaten Gowa. Jurnal PAUD Riau. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1920
Isa, Y. (2015). Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 73–83.
Kusmanto, D. A., Prihatin, T., & Pranoto, Y. K. S. (2021). Early Childhood Language Development of Gadget Users Viewed from Behavioristic Theory. Journal of Primary Education, 10(1), 71–78.
Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109–114.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. https://doi.org/10.1093/brain/awt103
Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode riset penelitian kuantitatif penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Deepublish.
Rufaida, S., & Sujiono, E. H. (2013). Pengaruh model pembelajaran dan pengetahuan awalterhadap kemampuan memecahkan masalah fisikapeserta didik kelas xi IPA man 2 model Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2718
Suana, W., Maharta, N., Nyeneng, I. D. P., & Wahyuni, S. (2017). Design and implementation of Schoology-based blended learning media for basic Physics I course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8648
Subiyantoro, E., Ashari, A., & Suprapto. (2020). Cognitive Classification Based on Revised Bloom’s Taxonomy Using Learning Vector Quantization. 2020 International Conference on Computer Engineering, Network, and Intelligent Multimedia (CENIM), 349–353. https://doi.org/10.1109/CENIM51130.2020.9297879
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, S. (2015). Developing web-based performance assessment in integrated science course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3493
Wijaya, A. D., Dina, K., & Amalia. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CERDAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0