Peer-Review Policy / Process
Cerdas: Jurnal Pendidikan menerapkan proses double-blind peer review untuk memastikan objektivitas dan kualitas naskah yang diterbitkan. Setiap naskah yang masuk akan melalui tahapan berikut:
1. Pemeriksaan Awal (Initial Screening)
Editor akan melakukan pemeriksaan awal terhadap naskah yang masuk untuk memastikan kesesuaian dengan fokus dan scope jurnal, serta kelengkapan administrasi (seperti format penulisan dan orisinalitas). Naskah yang tidak memenuhi syarat administratif atau berada di luar ruang lingkup jurnal akan langsung ditolak atau dikembalikan untuk revisi awal.
2. Proses Peer Review
Naskah yang lolos pemeriksaan awal akan dikirimkan kepada minimal dua orang reviewer independen yang memiliki keahlian sesuai topik naskah. Proses ini bersifat double-blind, artinya identitas penulis dan reviewer tidak saling diketahui.
Reviewer akan menilai naskah berdasarkan beberapa aspek, antara lain:
-
Orisinalitas dan kebaruan penelitian
-
Relevansi topik dengan bidang pendidikan
-
Ketepatan metodologi
-
Kejelasan penyajian data dan hasil
-
Kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan
Reviewer dapat memberikan keputusan berikut:
-
Diterima tanpa revisi
-
Diterima dengan revisi minor
-
Diterima dengan revisi mayor
-
Ditolak
3. Keputusan Akhir
Editor akan mengambil keputusan akhir berdasarkan rekomendasi reviewer. Dalam beberapa kasus, editor dapat meminta pendapat reviewer tambahan. Keputusan akhir bisa berupa penerimaan, permintaan revisi, atau penolakan.
4. Revisi oleh Penulis
Jika diperlukan revisi, penulis diberi waktu tertentu (biasanya 1–3 minggu) untuk melakukan perbaikan sesuai masukan reviewer. Revisi harus disertai dengan catatan perubahan (response to reviewers). Revisi mayor dapat dikembalikan lagi kepada reviewer untuk penilaian lanjutan.
5. Finalisasi dan Publikasi
Setelah dinyatakan diterima, naskah akan masuk ke tahap penyuntingan akhir (copyediting dan layout) sebelum dipublikasikan secara daring dalam edisi terbitan jurnal.