https://rumahjurnal.or.id/index.php/cerdas/issue/feedCERDAS - Jurnal Pendidikan2024-12-17T04:56:00+00:00Sri Wayunisriwahyuni91@unilak.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>CERDAS - Jurnal Pendidikan</strong> diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan <strong>Juni</strong> dan <strong>Desember</strong> oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal Pendidikan adalah sebagai sarana untuk menerbitkan makalah/artikel dalam Bidang Pendidikan.</p> <p> </p>https://rumahjurnal.or.id/index.php/cerdas/article/view/586Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak Dan Lagu2024-07-15T08:03:14+00:00Maya Ariskamayaariska524@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran gerak dan lagu untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Al Mahira Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif</p>2024-12-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 CERDAS - Jurnal Pendidikanhttps://rumahjurnal.or.id/index.php/cerdas/article/view/154Pengaruh Metode Beyond Center And Circles Time (BCCT) Terhadap Perkembangan Berbahasa AUD2024-07-18T04:09:44+00:00Sugianti Sugiantisugi859@gmail.com<p>Latar Belakang penelitian ini adalah pengaruh metode beyond center circles time (BCCT ) terhadap perkembangan berbahasa AUD untuk mengetahui perkembangan kemampuan membaca, untuk mengetahui tingkat pencapaian kemampuan membaca anak usia dini setelah menerapkan metode beyond center circles time (BCCT) terhadap perkembangan berbahasa AUD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode beyond center circles time (BCCT) perkembangan berbahasa AUD. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi.</p>2024-12-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 CERDAS - Jurnal Pendidikanhttps://rumahjurnal.or.id/index.php/cerdas/article/view/1094Metode Penyelesaian Konflik di Lembaga Pendidikan Islam 2024-12-01T15:26:55+00:00Linda Dewilindarahmawatid@gmail.comSafinatun najahsafinatun@gmail.comSiti Dewi Wulandarisiti@gmail.comRofiatul AzkiyahRof@gmail.comMua’liminmuaimin@gmail.com<p>Sebagian besar metodologi yang digunakan dalam penyelesaian konflik menunjukkan kecenderungan untuk menjadi umum dan saat ini tidak memasukkan prinsip-prinsip Islam sebagai aspek dasar dari manajemen konflik. Penelitian ini bercita-cita untuk berkontribusi baik secara teoritis maupun praktis ke domain manajemen pendidikan. Dalam penyelidikan ini, menggunakan metodologi penelitian studi perpustakaan, yang mencakup kerangka teoritis yang berkaitan dengan masalah yang ada yang dibahas dalam penelitian, dilakukan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen konflik yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, seperti musyawarah, tahkim, dan islah, sangat relevan untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggambarkan bahwa konflik di dalam institusi pendidikan Islam adalah kejadian yang tak terelakkan. Namun demikian, dengan pendekatan yang tepat, konflik dapat diubah menjadi peluang untuk meningkatkan efektivitas kelembagaan. Nilai-nilai Islam akan memberikan kerangka kerja yang kuat untuk manajemen konflik yang konstruktif.</p>2024-12-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 CERDAS - Jurnal Pendidikan