Rumpun Ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Islam dan Barat ( Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu)
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i1.938Keywords:
Ilmu Pengetahuan Alam, Sumber Ilmu Pengetahuan, Ilmuwan Muslim, Memperdalam keyakinan kepada AllahAbstract
Pada dasarnya seluruh yang ada di alam semesta ini beserta isinya berasal dari Sang Pencipta, termasuk diantaranya ilmu pengetahuan alam. Ilmu pengetahuan sebagai jembatan penghubung antara hamba dan Sang Pencipta, dan pada dasarnya tidak ada dikotomisasi antara ilmu umum dan ilmu agama. Dikotomi ilmu terjadi pada masa renaissance, itu terjadi karena adanya spesifikasi ilmu yang menciptakan pemahaman bahwa ilmu agama hanya mempelajari tentang hal spiritual dan tidak mempelajari tentang ilmu yang lain pada umumnya, dan ini menjadi bentuk penjajahan pemikiran oleh barat. Tulisan ini dibuat sebagai bentuk penegasan bahwa tidak ada dikotomi ilmu, memperjelas hakikat ilmu, memperlihatkan ilmu pengetahuan alam perspektif Islam dan barat, sehingga jelas tidak ada garis pemisah diantara ilmu Agama dan ilmu umum. Dilaksanakan dengan mengumpulkan berbagai referensi sumber ilmu, menampilkan tulisan sebagai bahan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan perspektif Islam dan Barat. Dengan adanya tulisan ini semakin bertambah wawasan keilmuan bagi pembaca terutama bagi penulis tentunya, sehingga berkuranglah dikotomi yang terjadi dalam keilmuan
References
Desma Sholihat, Abu Anwar, Rumpun Ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Islam dan Barat, Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 5 No. 2 2023
Abdul Syakur Abu Bakar, Sistem Pendidikan Islam, Jurnal UIN Alauddin, Volume 1, Nomor 1, Januari-Juni 2020
Badru Tamami, Dikotomi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Umum di Indonesia, Tarlim Jurnal Pendidikan Ahgama Isam, Vol. 2 No. 1 Maret 2019
Didiharyono, Integrasi Keilmuan antara Sains & Teknologi dengan Agama (Suatu Konsepsi dalam Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu), Makassar, Liyan Pustaka Ide Makassar. 2021
Hidayatulloh, Realasi Ilmu Pengetahuan Dan Agama, Malaysia, Proceeding of ICECRS. 2016
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Pustaka Maghfirah, 2006
Mariana, Made Alit, Hakikat Ipa Dan Pendidikan Ipa, Jakarta, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 2009
Nahadi, Muhammad, Hubungan Islam Dengan Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Perspektif Sejarah, Bandung. 2019
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara. 2013
Usman Samatowa, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: Indeks. 2016
M. Kholid Muslih, Worldview Islam, UNIDA Gontor: Direktorat Islamisasi Ilmu, 2019
Irma Novayani, Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed Muhammad Naquib al-attas dan Implikasi Terhadap Lembaga Pendidikan International Institute Of Islamic Thoght Civilization (ISTAC), Kembang Kerang, Jurnal al-Muta’aliyah, 2017
Yeni Purwaningsih, De-Westernisasi dan Islamisasi Pendidikan Syed Muhammad Naquib al-Attas, IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2010
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CERDAS - Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0