Peran Manajemen Konflik Dan Cara Penanganan Konflik Dalam Organisasi Sekolah

Authors

  • Rahmi Indah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe
  • Nabila Sri Rizkiah Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i1.882

Keywords:

konflik, manajemen, sekolah, organisasi, penanganan konflik

Abstract

Penelitian ini membahas analisi peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Melalui pendekatan interaktif dan stimulasi yang tepat maka guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang merangsang imajinasi dan eksplorasi sehingga dapat meningkatkan kreativitas yang ada pada diri anak usia dini tersebut. Dengan memahami perkembangan anak, guru dapat mengidentifikasi potensi kreativitas serta memberikan dukungan yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang bagaimana strategi pengajaran efektif yang tepat dan dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini untuk  menciptakan kreativitas yang baik dan benar bagi anak usia dini.

References

Anshori, Muchlis. 2022. “Implementation of Library Management in Improving Excellent Service in Vocational High Schools.” Jurnal Pendidikan Islam 5(2):830–42.

Asil1, Ifatul, Reni Lutfiani, Amalia, Fitri, Syarifudin, H. E. 2023. “Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia Manajemen Konflik Di Lembaga Pendidikan.” HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA 2(7).

Dhorifin, Muhammad. 2017. “Peran Manajer Dalam Penanggulangan Konflik Organisasi.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1(2). doi: 10.18860/jmpi.v1i2.3956.

Fauzi, Ilham. 2023. “Manajemen Konflik Dan Cara Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi Sekolah.” Jurnal Pelita Nusantara 1(1):108–15. doi: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.127.

Inom Nasution. 2023. “Manajemen Konflik Di Sekolah.” Visipena Journal 1(1):45–55. doi: 10.46244/visipena.v1i1.22.

Kristiana, Wita. 2019. “Peranan Manajer Dalam Mengelola Konflik Organisasi.” Jurnal Perspektif Arsitektur 7(2):65–71.

M.Pd, S. Pd. Opan Arifudin. 2023. “Manajemen Konflik Dan Upaya Penangannan Konflik Dalam Organisasi Pendidikan Di Sekolah.” Inprirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 2(3):1–23.

Muliati, Indah. 2016. “Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Menurut Perspektif Islam.” Jurnal Tingkap 12(1):39–52.

Saiti, Anna. 2015. “Conflicts in Schools, Conflict Management Styles and the Role of the School Leader: A Study of Greek Primary School Educators.” Educational Management Administration and Leadership 43(4):582–609. doi: 10.1177/1741143214523007.

Downloads

Published

2024-07-18

Issue

Section

Articles