Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita Di Kelompok A TK Daniel Hkbp Rumbai
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i2.606Keywords:
nilai-nilai karakter, cerita rakyat sasak, Taman Kanak Kanak, Kearifan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan interaksi anak usia dini di kelompok A TK Daniel HKBP Rumbai . kemampuan berinteraksi sosial dalam penelitian ini terdiri dari aspek kerjasama, menghargai, berbagi dan membantu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualintatif. Metode pengumpulan data dalam pengumpulan data ini adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini telah memiliki kemampuan interaksi sosial anak dalam bekerja sama, menghargai, berbagi dan membantu. Kemampuan interaksi sosial juga dalam penelitian ini perlu faktor dukungan yaitu orang tua dengan memberikan contoh dan mengajarkan.
References
Batinah, B., Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review. Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v9i1.1510
Interaction, S., Of, S., Childhood, E., Among, I. N., & Bantul, S. (2020). Kemampuan interaksi sosial anak usia dini di kelompok bermain among siwi bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1, 9(5), 396–404.
Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CERDAS - Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0