Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita Di Kelompok A TK Daniel Hkbp Rumbai

Authors

  • Chintia Priscila Gultom

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i2.606

Keywords:

nilai-nilai karakter, cerita rakyat sasak, Taman Kanak Kanak, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan interaksi anak usia dini di kelompok A TK Daniel HKBP Rumbai . kemampuan berinteraksi sosial dalam penelitian ini terdiri dari aspek kerjasama, menghargai, berbagi dan membantu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualintatif. Metode pengumpulan data dalam pengumpulan data ini adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini telah memiliki kemampuan interaksi sosial anak dalam bekerja sama, menghargai, berbagi dan membantu. Kemampuan interaksi sosial juga dalam penelitian ini perlu faktor dukungan yaitu orang tua dengan memberikan contoh dan mengajarkan.

References

Batinah, B., Meiranny, A., & Arisanti, A. Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review. Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 31–39. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v9i1.1510

Interaction, S., Of, S., Childhood, E., Among, I. N., & Bantul, S. (2020). Kemampuan interaksi sosial anak usia dini di kelompok bermain among siwi bantul. Jurnal Pendidikan Guru PAUD S-1, 9(5), 396–404.

Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT

Downloads

Published

2025-01-02

Issue

Section

Articles