Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Buku Anak Sekolah Dasar di Era Digitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i2.597Keywords:
era digital, gadget, minat baca anak, upaya guruAbstract
Era digitalisasi merupakan suatu era atau zaman dalam kehidupan ini yang mengalami kemajuan yang cukup pesat mengarah pada bentuk teknologi digital khususnya gadget. Menurunnya minat membaca buku di kalangan generasi muda merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi, hal ini juga dapat dirasakan pada anak-anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Berkurangnya minat membaca menjadi permasalahan bagi guru sebagai pendidik. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru memerlukan berbagai upaya di kelas saat mengajar untuk meningkatkan kemampuan membaca. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis upaya guru dalam meningkatkan minat membaca siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka (library research). Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gadget mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat baca karena kurangnya pengawasan dari orang tua atau guru dalam penggunaannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dampak positif atau negatif dapat diatasi tergantung bagaimana gadget tersebut digunakan.
References
Agustin, J. T., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3377–3382.
Anggraini, L. W., & Rahmawati, L. E. (2023). Peningkatan Literasi Membaca dan Menulis bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Lakusi (Latihan Khusus Literasi). Jurnal Ilmiah Kampus …, 3, 60–70. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.57
Arlina, A., Amini, A., Ainun, N., & Maharani, M. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 33–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.230
Devega, E. (2023). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. In TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos (10th ed., p. 1). evita devega. https://doi.org/10-2017
Dr. Vladimir, V. F. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Hamzah, A. R., Mesra, R., Br Karo, K., Alifah, N., Hartini, A., Gita Prima Agusta, H., Maryati Yusuf, F., Endrawati Subroto, D., Lisarani, V., Ihsan Ramadhani, M., Hajar Larekeng, S., Tunnoor, S., Bayu, R. A., & Pinasti, T. (2023). Strategi Pembelajaran Abad 21.
Hashwan, S. S. B., Fatin, M. F., Ruslinda, A. R., Arshad, M. K. M., Hashim, U., & Ayub, R. M. (2015). Functionalization of multi wall carbon nanotubes using nitric acid oxidation. Appl. Mech. Mater., 755, 1156–1160.
Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. (2022). The Effect of Reading Interest on Spatial Ability in Eliv Assisted Geometry Learning. Journal of Medives: Journal of …, 6(2), 1–8.
Luchiyanti, A., & Rezania, V. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Dasar. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Dasar, 9(VOL 9, NO 2 (2022): TARBIYAH WA TA’LIM), 8. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4211
Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Di Sekolah Dasar Negeri. Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.
Suhaimi. (2017). Improving Students’ Reading Interest and Participation Through Metacognitive Strategy. Jurnal Tarbawi, 13(01), 65–82.
Sutarti, T. (2017). Efforts to Increase Students Reading Interest on Educational Reference Through Classical Guidance and Counseling Experiential Learning Model. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(1), 118. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i1.152
Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CERDAS - Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0