Meningkatkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran

Authors

  • Nur Anisa Dwi Adelia Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v4i1.590

Keywords:

kemampuan bahasa, Anak Usia Dini , bermain peran, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode bermain peran (role playing). Kemampuan berbahasa merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena berkaitan langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan berpikir. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus di TK Al Mahira, Pekanbaru, dengan subjek 15 anak kelompok B berusia 5–6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak dari pra siklus ke siklus III. Pada pra siklus hanya 26,7% anak yang menunjukkan kemampuan bahasa sesuai indikator, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 86,7%. Anak-anak menjadi lebih aktif, percaya diri, dan mampu mengungkapkan ide serta menjalin komunikasi dalam kegiatan bermain peran. Metode bermain peran terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini.

References

Ahmad, R., & Lestari, D. (2024). Pengaruh bermain peran terhadap peningkatan kemampuan ekspresif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Nusantara, 7(1), 22–30.

Aulia, N., & Rachmawati, S. (2025). Stimulasi bahasa reseptif melalui metode bermain simbolik. PAUD Berkembang, 10(2), 45–53.

Dewi, M. K., & Ananda, R. (2024). Inovasi pembelajaran berbasis drama dalam pengembangan kosakata anak usia dini. Jurnal Kreativitas Anak, 3(1), 11–19.

Fadillah, S. (2024). Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran PAUD pasca pandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 105–114.

Gunawan, A., & Nuraini, L. (2025). Analisis kemampuan bahasa anak usia 5 tahun di TK berbasis karakter. Jurnal Anak dan Lingkungan, 2(1), 70–78.

Handayani, R. (2025). Model pembelajaran bahasa integratif pada anak usia 4–6 tahun. Cakrawala Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 31–40.

Indah, P., & Saputri, D. (2024). Bermain peran makro dalam mengembangkan keterampilan sosial dan bahasa. Jurnal PAUD Visioner, 6(1), 88–97.

Kurniawati, Y., & Ramadhan, A. (2024). Penggunaan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak. Jurnal Media PAUD, 5(2), 55–63.

Lestari, A. (2024). Strategi guru dalam pengembangan bahasa anak melalui kegiatan bermain. Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 20–28.

Mardiana, E., & Suherman, Y. (2025). Penerapan metode bermain peran mikro dan dampaknya pada kosakata anak. Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, 7(1), 34–42.

Maulidya, S., & Hasanah, W. (2024). Kegiatan mendongeng sebagai media perkembangan bahasa anak. Jurnal Cerita Anak, 1(1), 9–17.

Nugroho, B., & Setyawati, A. (2025). Perkembangan bahasa anak melalui pendekatan tematik integratif. PAUD Cerdas Berkarya, 4(1), 47–56.

Nurazizah, H. (2024). Pengaruh lingkungan bermain terhadap kemampuan bahasa anak TK. Jurnal Psikologi Anak Usia Dini, 3(2), 25–33.

Oktaviani, D., & Syamsudin, A. (2024). Implementasi metode role playing dalam kurikulum merdeka PAUD. Jurnal Pendidikan Merdeka Anak Usia Dini, 2(2), 77–85.

Puspitasari, E., & Jannah, F. (2025). Media permainan imajinatif untuk mengembangkan bahasa ekspresif. Jurnal Ilmiah Anak Hebat, 6(1), 18–26.

Rahmadani, I. (2025). Bahasa sebagai indikator kesiapan sekolah anak usia dini. Jurnal Transisi Anak ke SD, 1(1), 10–18.

Rahmawati, L. (2024). Inovasi kegiatan bermain bahasa berbasis digital pada anak usia dini. Jurnal Teknologi PAUD, 3(1), 60–69.

Riani, F., & Pratama, G. (2024). Studi eksperimen metode bermain peran terhadap kemampuan menyimak anak. Jurnal Psikodidaktika Anak Usia Dini, 8(2), 49–57.

Salsabila, T., & Yusuf, M. (2024). Metode story retelling dalam peningkatan kemampuan narasi. Jurnal PAUD Literasi, 2(1), 15–23.

Sari, D. M., & Widodo, A. (2025). Pendekatan bermain dalam pengembangan bahasa ekspresif. Jurnal Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 72–80.

Shabrina, N. (2024). Peran guru sebagai fasilitator bahasa dalam bermain peran. Jurnal Profesi Pendidik PAUD, 5(2), 36–44.

Siti, Z., & Ramdani, I. (2025). Intervensi berbasis bermain untuk anak dengan keterlambatan bahasa. Jurnal Inklusi Anak Usia Dini, 3(1), 65–74.

Sulistyo, E. (2025). Evaluasi program bermain peran dalam pembelajaran bahasa anak usia dini. Jurnal Evaluasi PAUD, 2(1), 40–48.

Triana, D., & Hidayat, M. (2024). Bermain sebagai media pengembangan keterampilan komunikasi. Jurnal Bermain dan Belajar, 1(2), 12–21.

Yuliani, S. (2024). Strategi penguatan literasi awal melalui kegiatan bermain peran. Jurnal Literasi Anak PAUD, 6(2), 91–99.

Downloads

Published

2025-07-21

Issue

Section

Articles