Analisis Perkembangan Distance Learning bagi Siswa Disabilitas

Authors

  • Meta Silfia Novembli
  • Nisaul Hasanah Universitas Lancang Kuning
  • Bintha Ustafiano Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i2.571

Keywords:

Distance Learning, Disabilitas, Systematic Literature Riview

Abstract

Distance learning adalah pembelajaran melalui media yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara guru dan siswa. Guru dan siswa tidak bertatap muka, dengan kata lain distance learning memungkinkan guru dan siswa berada di tempat yang berbeda atau bahkan  sangat berjauhan.  Distance learning adalah pembelajaran yang ditawarkan kepada peserta atau siswa yang tidak rutin berkumpul  di satu tempat  untuk menerima pelajaran  langsung dari guru. Siswa disabilitas merupakan siswa yang mempunyai hambatan atau kesulitan pada kemampuan kognitif, fisik, sosial, dan emosional. Pembelajaran siswa disabilitas tidak hanya bersifat akademis saja, namun juga berkaitan dengan pengembangan tentu memerlukan keahlian khusus. Keadaan emosi dan perilaku yang terkadang tidak stabil dan bermasalah juga bisa menjadi kendala saat belajar di rumah. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi data dari penelitian terdahulu tentang distance learning bagi siswa disabilitas. Metode yang digunakan yaitu sytematic literature review (SLR). Research Question dari studi SLR yaitu metode yang digunakan serta kesulitan yang dialami guru dalam proses distance learning bagi siswa disabilitas. Hasil studi dari 11 artikel menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru adalah daring (online), homevisit, serta gabungan keduanya. Kesulitan yang dialami guru yaitu bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat, kurangnya sarana dan prasarana, ketidakstabilan jaringan internet, pemahaman penggunaan teknologi, serta siswa disabilitas kurang antusias. 

References

Anggy Giri Prawiyogi, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, & Marwan Firmansyah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di Sdit Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94–101. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i1.15347

Dewi, N. P., Fadilah, N., & Rahma, S. (2020). Problematika Pembelajaran Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n1.p1-10

Hamidaturrohmah, H., & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 247. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907

Hamzah, A., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Masa Pandemi Covid 19. Cendekia, 14(01), 106–118. http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/261%0Ahttp://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/download/261/416

Hidayat, L., & Nurfajarwati, A. D. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi Covid-19. Exponential (Education For …, 2019, 264–272. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/2212

Ishmi, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di Masa Pandemi Covid-19. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(1), 12–23. https://doi.org/10.51590/waraqat.v6i1.128

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35. https://doi.org/10.30631/smartkids.v2i1.61

Minsih, Nandang, J. S., & Kurniawa, W. (2021). Problematika Pembelajaran Online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1252–1258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.876

Nurhasanah, N., Rukajat, A., & Arifin, Z. (2021). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Difabel) Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 206–211. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4743

Putri, S. N. A., & Taufan, J. (2021). Permasalahan Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2), 41–45. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112223

Supriyadi, S., & Wiliyanto, D. A. (2021a). Analisis Kebutuhan dan Masalah Pembelajaran Jarak Jauh pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(1), 53. https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p53-56

Supriyadi, & Wiliyanto, D. A. (2021b). Analisis Kebutuhan dan Masalah Pembelajaran Jarak Jauh Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1667–1672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Syafarana, I. A. N., & Chairani, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid – 19 di Sekolah Inklusif SDN 12 Gedong. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(2), 125. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p125-129

Wardany, O. F., & Sani, Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 48–64. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.32793

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles