Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.56Keywords:
Pola Asuh, Perilaku Sosial, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh ibu dalam mengembangkan perilaku sosial dan pengaruh pola asuh ibu terhadap perilaku sosial anak. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatatif, subyek penelitian adalah ibu dari peserta didik di TK Grinda PMB X Kalidadap 1 Selopamioro, Imogiri, Bantul yang diklarifikasikan berdasarkan ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam rangka mencari keabsahan data dan validitas data dengan cara : 1) membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, 2) membandingkan data wawancara orang tua dengan sikap/perilaku anak, 3) membandingakan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh ibu dalam mengembangkan perilaku sosial pada anak usia dini, dari ibu yang bekerja 1) Pola asuhnya cenderung tegas dan otoriter. 2) sedangkan ibu yang tidak bekerja bentuk pola asuhnya yang diterapkan adalah demokratis. Perilaku sosial anak ada pada orang tua yang bekerja, tampak pada perilaku yaitu anak cenderung diam, kurang percaya diri. Mempunyai perasaan empati teman, dapat bekerja sama tanpa membeda-bedakan. Sedangkan ibu yang tidak bekerja atau sebagai ibu rumah tangga anak tumbuh perasaan simpati terhadap orang lain, dapat bekerja sama dan berbagi dengan temannya.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200.
Hasanah, N. (2017). Peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini melalui ranah afektif.
Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Study Kasus Di PAUD Daarul Piqri Kelurahan Leuwigajah Cimahi Selatan). Empowerment, 2(2), 85–93.
Obet Nego; Mondolu, D. C. (2019). Pentingnya Tongkat Didikan Dalam Pola Asuh Anak Berdasarkan Amsal 22:15 Sebagai Evaluasi Terhadap Permissive Parenting. SCRIPTA: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kontekstual, (Vol. 7 No. 1 (2019): Scripta : Jurnal Teologia dan Pelayanan Kontekstual), 50–67. Retrieved from https://ejournal.stte.ac.id/index.php/scripta/article/view/60/44
Parjilah. (2019). Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak Secara Sederhana Sederhana dengan Media Gambar di Kelompok A3 TK Aba Mertosanan Banguntapan Bantul. UNY.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Permono, H. (2013). Peran Orang Tua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting.
Siyoto, S. & A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Vinayastri, A. (2015). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah WIDYA.
Wahyuni, S. (2019). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK.
Wahyuni, S. A. A. P. ; R. (2021). Parenting Culture of Low-Income Families in Implications for the Subjective Well-being of Early Childhood Students. STAI Hubbulwathan Duri, Vol 13, No.
Wahyuni, S., Efastri, S. M., & Fadillah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2005
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.351
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493
Wahyuni, S., Bastian, A., & Nofrianti, S. (2021). Is There a Distinction in Socialization Ability Between Children Who Are addicted to Gadgets and Those Who Are Not? A Comparison Study. Child Education Journal, 3(2), 110-122.
Wiguna, I. B. A. A., & Sunariyadi, N. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 328–341.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CERDAS: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0