Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mereduksi Sikap Tidak Percaya Diri pada Siswa Korban Bullying

Authors

  • Difa Sukma Milenia Universitas Ahmad Dahlan
  • Ulfa Danni Rosada Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.455

Keywords:

Konseling Kelompok, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Percaya Diri, Bullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan sikap percaya diri pada korban bullying di SMP N 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain two group pretest-posttest design, salah satu grup akan dipilih berdasarkan kriteria, kelompok yang akan dipilih yaitu kelompok eksperimen. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu oleh peneliti. Teknik penghimpunan data menggunakan wawancara dan skala. Alat untuk penghimpunan data menggunakan skala kepercayaan diri. Dalam analisis data bertujuan guna mengetahui ada tidaknya perubahan serta ingin mengetahui besar tingkatannya pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diteliti dari mulai diberikan pretest, treatment sampai posttest. Siswa yang telah diberikan treatment ada kenaikan skor, pada kelompok eksperimen yang awalnya 63 menjadi 83, 8. Sedangkan, hasil kelompok kontrol yakni dengan rata-rata 79,4 mengalami kenaikan kepercayaan diri. Hasil dari N-Gain Score kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu dengan skor 20,8 > 14,6. Penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk mereduksi sikap tidak percaya diri pada siswa.

 

Author Biography

Ulfa Danni Rosada, Universitas Ahmad Dahlan

 

 

References

Afrianto, I., & Ash-Shiddiqy, A. R. (2020). Boneka Tangan untuk Meningkatkan Pengetahuan Bullying pada Siswa Kelas IV SDN Ujung Menteng 07 Pagi. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2), 187–195.

Agdiyanti, V. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Korban Bullying Di Sma Yp Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 [Phd Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.

Azhari, K. A. (2017). Hubungan perilaku perundungan (Bullying) terhadap kejadian gejala depresi pada pelajar SLTA di kota Jakarta pusat tahun 2017 [B.S. thesis]. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif .

Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55–66.

Fauziah, F., Neviyarni, N., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2020). Modifikasi konseling kelompok untuk siswa dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) di tengah pandemi covid-19. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(2), 52-59.

Gunawan, I. M., Hartati, A., & Mulachela, F. S. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMKN 4 Mataram. Jurnal Paedagogy, 7(4), 385–392.

Handayani, S. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Kartika Ii-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 [Phd Thesis]. Uin Raden Intan Lampung.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1), 33–42.

KPAI, R. (2021). Data Kasus Perlindungan Anak 2016-2020. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020

Rachmawati, L. (2019). Penerapan teknik role-playing dalam konseling REBT untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa smp (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Saputra, W. N. E. (2015). Evaluasi Program Konseling di SMP Kota Malang: Discrepancy Model. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol, 1(2).

Sari, E. K. W., & Soejanto, L. T. (2016). Keefektifan Konseling Kelompok REBT untuk Meningkatkan Self Esteem Mahasiswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(2), Article 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thahir, A., & Firdaus, F. (2017). Peningkatkan Konsep Diri Positif Peserta Didik di SMP Menggunakan Konseling Individu Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 4(1), 47-64.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles