Problematika Profesionalitas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD

Authors

  • Mutiya Febrina Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.199

Keywords:

Kualifikasi Guru, Anak Usia Dini, profesionalitas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membahas isu profesionalitas guru di lembaga pendidikan anak usia dini sesuai dengan standar nasional pendidikan tahun 2003. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data dilakukan sejak pengumpulan data sampai kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di TK Al-Hidayah pekanbaru tidak memenuhi standar nasional sebagai guru PAUD, hal ini diketahui dari lulusan setiap guru tidak ada yang relevan dengan bidang PAUD. Problematika yang terjadi yakni kurangnya SDM guru PAUD yang sesuai standar nasional, berdampak pada kualitas guru juga kualitas pendidikan di Indonesia. Kegiatan pengembangan guru melalui pelatihan menjadi upaya peningkatan kualitas kelayakan guru di lembaga ini.

Author Biography

Mutiya Febrina, Universitas Lancang Kuning

 

 

References

Andriana, J., Sumarsih, S., & D, D. (2018). Kinerja Guru Paud Ditinjau Dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, Dan Pelatihan. Universitas Bengkulu, Vol 3, No.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.

Kasmiati, K. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Buku Kumpulan Dongeng Paud Keistimewaan Binatang. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 307–318. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3314

Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Pedoman Evaluasi Kurikulum. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Pesrta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. In Jurnal Evaluasi Pendidikan. https://doi.org/10.21009/JEP.022.05

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Taman Sidoarjo:Zifatama Publisher.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD. Pustaka Budaya.

Mundir, A. (2018). Penerapan Pendidikan Financial Pada Anak Usia Sekolah. Journal AL-MUDARRIS, 1(2), 108.

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Information System Design for Monitoring and Evaluation of Learning on Blended Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1633–1644.

Nurlela Putri, M. A. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Paud Terhadap Kemampuan Manajerial Kelas. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vol 2 No 1 (2021): Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 13–21. Retrieved from https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Atthufulah/article/view/1332/1181

Rahmah, I. A. (n.d.). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Menulis Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun.

Rooney, J. E. (2003). Blending learning opportunities to enhance educational programming and meetings [Tekst]. Association Management [Tekst], (55), 5.

Rowe, D. W., & Miller, M. E. (2016). Designing for diverse classrooms : Using iPads and digital cameras to compose eBooks with emergent bilingual / biliterate four-year-olds. https://doi.org/10.1177/1468798415593622

Seok, S. (2008). Teaching aspects of e-learning. International Journal on E-Learning, 7(4), 725–741.

Sunniyati, S. (2015). Supervisi Manajerial Dapat Meningkatkan Kinerja Kepala PAUD TK Se-Kecamatan Rengat Barat. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, (Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED), 171–175. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/3630/3240

Syarbini, A. (2014). Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.

Utomo A.Y.; Purnamasari, Iin; Amaruddin, Hidar, K. D. S. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. MIMBAR PGSD Undiksha, (Vol 9, No 1 (2021)), 1–9. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29923/18016

Wahyuni, S. A. A. P. ; R. (2021). Parenting Culture of Low-Income Families in Implications for the Subjective Well-being of Early Childhood Students. STAI Hubbulwathan Duri, Vol 13, No.

Wahyuni, S., & Reswita. Low-income Family Environment: Subjective Well-Being and Children Learning Motivation. , 175 IOP Conference Series: Earth and Environmental Science § (2018).

Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Bergerak sebagai Media Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Edcomtech.

Wahyuni, S. (n.d.). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK.

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Information System Design for Monitoring and Evaluation of Learning on Blended Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1633-1644.

Nasution, N., Darmayunata, Y., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Augmented Reality. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6462-6468.

Bastian, A., Nasution, J. A., & Wahyuni, S. (2022). Teacher Performance Under the Influence of Training, Work Motivation and Teacher Competence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3601-3612.

Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.

Zubaida. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Madaniyah.

Zubaidi, M. (2020). Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060–1067. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505

Additional Files

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles