Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini Menggunakan Buku Cerita Bergambar

Authors

  • Sri Devi Handayani Simanjuntak Universitas Lancang Kuning
  • Sri Wahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Azlin Atika Putri Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i1.174

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Buku Cerita Bergambar, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan berbicara anak usia 3 – 4 tahun dan untuk mengetahui persentase peningkatan berbicara anak usia 3 – 4 tahun kelas KB di TK Arafah menggunakan buku cerita bergambar tahun ajaran 2022/2023.  Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak empat siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok bermain TK Arafah. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak   pada setiap tindakan.  Hal ini dapat dilihat dari hasil tahap prasiklus, kemampuan berbicara anak pada umumnya berada pada kategori   Mulai Berkembang (MB) sebanyak 42,4%. Masih belum muncul anak yang mecapai kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Namun setelah dilakukan pembelajaran melalui metode buku cerita bergambar mengalami peningkatan pada kemampuan berbicara. Pada siklus 1 kemampuan berbicara anak berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 60,8%.   Dan pada siklus 2 kemampuan berbicara anak berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 76,7%.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas melalui buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelas KB di TK Arafah.

Author Biographies

Sri Devi Handayani Simanjuntak, Universitas Lancang Kuning

 

 

Sri Wahyuni, Universitas Lancang Kuning

 

 

 

Azlin Atika Putri, Universitas Lancang Kuning

 

 

 

References

Animas, A. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VIII smp Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2 (1) :2598-9944.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Tindakan, Jakarta: Rineka Cipta.

Bower, V. (2014). Developing Early Literacy 0 to 8 From Theory to Practice. London: Sage publication L.td.

Gutara, Yudha, dkk. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa, (Online), tersedia: https://www.researchgate.net/ publication/320879461, di unduh pada tanggal 18 Nopember 2017.

Hanum, R. (2017). Volume III. Nomor 1. Januari “Juni 2017”‚ 45 mengembangkan komunikasi yang efektif pada anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 45-58.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Lenhart, J., Lenhard, W., Vaahtoranta, E., & Suggate, S. 2017. Incidental vocabulary acquisition from listening to stories: a comparison between read-aloud and free storytelling approaches. Educational Psychology, 1-21. https://doi.org/10.1080/01443410.2017.1363377

Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113-118.

Muchlisin Riadi. (2019, Maret 06). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses dari https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitiantindakan-kelas-ptk.html

Muhammad Djajadi. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran

Nirmalasari, S., & Lubis, K. (2022). STIMULASI KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BERGAMBAR. HIBRUL ULAMA, 4(1), 38-47.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.

Saepudin, A., Latif, A. D. A., & Farida, I. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR. Jurnal Tahsinia, 3(1), 80-87.

Saribu, A., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(1), 6-14.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantatif Dan R&D. Bandung: ALFABET

Tanjung, P. S., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Pola Komunikasi Verbal Orang Tua Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3380-3386.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Zainatuddar. (2015). Teaching speaking in English by using the picture series technique. English Education Journal (EEJ), 6(4), 443-456, October 2015. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id

Zulaika, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Big Book Dengan Sasaran Anak Usia Dini Di PAUD Darul Fathonah Kecamatan Medan Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI], 1(4).

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Articles