Analisis Penggunaan Bahasa Ibu dalam Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i2.166Keywords:
bahasa ibu , proses pembelajaran, PendidikanAbstract
Dalam proses pembelajaran, bahasa memegang peranan penting sebagai alat komunikasi antara guru dan peserta didik, tanpa adanya komunikasi maka tidak akan ada proses pembelajran. Komunikasi antara guru dan peserta didik akan tercipta dengan baik manakala diantara keduanya saling memahami bahasa satu sama lain. Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang sangat penting bagi guru untuk memahami bahasa ibu, sebab bahasa ibu dinilai memiliki peranan penting untuk menjamin inklusifitas dalam pendidikan, bahasa ibu dapat menjabatani proses pembelajarana guru terhadap anak sehingga tercipta pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahasa ibu dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengguanaan bahasa ibu memberikan kontribusi yang positif terhadap pencapaian target atau hasil belajar siswa terutama dikelas awal. Dapat disimpulkan penggunaan bahasa ibu ini memungkinkan anak lebih antusias dalam pembelajaran terutama pada kegiatan bertanya, dan mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui.
References
Afrianingsih, A. (2016). Komunikasi positif sebagai sarana untuk meningkatkan penyerapan bahasa lisan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).
Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43–54.
Ani, A., & Fitria, E. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 11–23.
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Lentera, 17(1).
Harun, F. E. (2022). PENTINGNYA PENGUASAAN BAHASA IBU OLEH GURU TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS AWAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Hervi, A. (2022). MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULUL ALBAB JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Ibda, H. (2017). Urgensi pemertahanan bahasa ibu di sekolah dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2).
Kurniati, L. (2015). Bahasa ibu dalam pembelajaran anak di sekolah. Jurnal Pesona, 1(1).
Love, N., & Ansaldo, U. (2010). The native speaker and the mother tongue. Language Sciences, 32(6), 589–593.
Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).
Santrock, J. W. (2011a). CHILD DEVELOPMENT. In Thirteenth Edition. McGraw-Hill. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Santrock, J. W. (2011b). Educational Psychology. In Educational Psychology (5th ed.). McGraw-Hill. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sartika, D. Y., Elly, R., & Harun, M. Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Paud Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: Remaja Rosda Karya, 176.
Tsung, L. T. H., & Cruickshank, K. (2009). Mother tongue and bilingual minority education in China. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 12(5), 549–563.
Yarti, D., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). PENGARUH BAHASA IBU TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN ANAK USIA 4-5 TAHUN TK LKIA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CERDAS - Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0