Pengaruh Media Sodial Tiktok Terhadap Keterampilan Bahasa Anak Usia 7-8 Tahun Di Sdn 173 Pekanbaru Kecamatan Tenayan Raya

Authors

  • Puja Kusuma Wati Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i1.161

Keywords:

Tiktok, PERKEMBANGAN BAHASA, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Selama masa pandemi, eksistensi aplikasi Tiktok semakin kuat. Aplikasi Tiktok mempermudah para konten kreator pemula untuk membuat video singkat yang menarik perhatian. Banyak isi dari video tersebut yang berisi ujaran-ujaran tidak pantas, salah satunya bahasa kasar. Anak-anak yang melihat isi konten tersebut, tentu saja belum bisa mempertimbangkan apakah ujaran tersebut layak jika diucapkan di khalayak umum. Banyak dari mereka menirukan bahasa kasar dari konten aplikasi Tiktok. Fokus penelitian ini adalah, mengetahui pengaruh bahasa anak apa saja yang mereka tirukan dari konten aplikasi Tiktok. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan subjek kelas 1 SDN 173 Pekanbaru,kecamatan tenayan raya .Dari hasil penelitian, banyak ditemukan jenis-jenis bahasa kasar yang mereka ucapkan. Jenis bahasa kasar tersebut dapat digolongkan menjadi lima jenis yaitu kondisi, nama hewan, makhluk astral, sebuah objek, dan bagian organ tubuh manusia. Mereka mengaku bahwa, dari konten Tiktok mereka menirukan dan ikut memviralkan ujaran-ujaran bahasa kasar tersebut. Anak-anak remaja tersebut mengaku wajar dan lumrah jika mengucapkan bahasa kasar tersebut.

References

Afifi, F., Sabdaningtyas, L., & Akhyar, F. (2017). Pengaruh Model Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pedagogi

Alfin, J. (2014). Analisis karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar. Anggraeni, A. D., & Paksi

H. P. (2019). Pengembangan Media Permainan Werewolf untuk Mengenalkan Keragaman Sosial Budaya Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Pacar Keling V Surabaya.

Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6). Hartati, S. C. Y., Priambodo, A., & Kristiyandaru, A. (2013). Permainan Kecil (cara efektif mengembangkan fisik, motorik keterampilan sosial dan emosional). Malang: Wineka Media.

Hirata, Y., Inaba, M., Takahashi, K., Toriumi, F., Osawa, H., Katagami, D., & Shinoda, K. (2016). Werewolf game modeling using action probabilities based on play log analysis. International Conference on Computers and Games, 103–114. Springer.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori jean piaget. Intelektualita,

Kurniawan, S. (2018). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara terpadu Dilingkungan Keluarga, sekolah, Perguruan Tinggi. (Skripsi Tidak Dipublikasikan) IAI Batusangkar, Batusangkar, Indonesia.

Kusmaedi, N. (2016). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Bebentengan terhadap Kemampuan Kelincahan Anak Usia 8-9 Tahun.

JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), , 29–33. Lamajau, E. (2014). Peningkata Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Bangga Melalui Metode Diskusi Kelompok.

Downloads

Published

2024-07-18

Issue

Section

Articles