Child Abuse pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Ratih kemalasari Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.151

Keywords:

artikel

Abstract

Child abuse  terhadap anak menjadikan anak tidak berdaya sehingga memiliki dampak negatif terhadap psikologisnya. Beberapa bentuk kekarasan yang biasanya dilakukan kepada anak seperti kekerasan fisik dan kekerasan psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat kekerasan pada anak dalam keluarga di Taman Kanak-kanak tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Kesimpulan dari penelitian adalah Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari 20 responden, sebagian besar mengalami kekerasan. Implementasi penelitian ini adalah sosialisasi kepada orangtua dan guru mengenai kekerasan yang tanpa disadari sudah kita lakukan kepada anak, baik secara verbal, fisik maupun secara psikis.

Author Biography

Ratih kemalasari, Universitas Lancang Kuning

 

 

References

A’la, R. (2016). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah.

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Ardi, A. D. I. H. I. N. A. R. (2022). Meta Analysis of Trauma Focused Cognitive Behavior Therapy for Reducing Child Sexual Behaviour in Sexually Abused Children. Journal of Educational, Health and Community Psychology, (Vol 11 No 3 September 2022), 625–638. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/Psychology/article/view/23597/pdf_180

Chakrawati, F. (2015). Bullying siapa takut. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Cresswell, T. (2012). Mobilities II: Still. Progress in Human Geography. https://doi.org/10.1177/0309132511423349

Diener, E., Lucas, R. E., Diener, E., & Larsen, R. J. (2009). Assessing Well-Being. The Science of Wellbeing The Collected Works of Ed Diener. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2354-4

Fatimah, S. N. (2012). DINAMIKA KONSEP DIRI PADA ORANG DEWASA KORBAN CHILD ABUSED. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, (Vol 1 No 2 Desember 2012). Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/1423

Hunter, S. C., Durkin, K., Boyle, J., Booth, J. N., & Rasmussen, S. (2014). Adolescent bullying and sleep difficulties. Europe’s Journal of Psychology, 10(4), 740–755.

Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453

Prabu, A. A. A., & Puspitasari, M. (2005). Abstrak Peneltian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosi guru dan stres kerja terhadap kinerja guru. Metode pengujian validitas instrumen menggunakan pendekatan korelasi product moment dengan ketentuan kevalidan instrumen apabila nilai .

Puspitasari, A. M. D. E. W. I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vol 4, No 2 (2020)), 757–765. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/451/pdf

Saifuddin Azwar. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. In Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Setiani, R. E. (2016). PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN UNTUK ANAK USIA DINI: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, (Vol 1 No 2 (2016)), 39–56. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1254

Shipman, K. L., Schneider, R., Fitzgerald, M. M., Sims, C., Swisher, L., & Edwards, A. (2007). Maternal emotion socialization in maltreating and non-maltreating families: Implications for children’s emotion regulation. Social Development. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2007.00384.x

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.351

Wardhana, K. (2015). Buku Panduan Melawan Bullying. Jakarta: Sudah Dong Community.

Yuliariatiningsih, W. A. C. A. H. E. S. D. N. M. Y. Y. M. S. (2018). LITERASI MEDIA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, (2018: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI). Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4099/3808

Additional Files

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles