Child Abuse pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i2.151Keywords:
artikelAbstract
Child abuse terhadap anak menjadikan anak tidak berdaya sehingga memiliki dampak negatif terhadap psikologisnya. Beberapa bentuk kekarasan yang biasanya dilakukan kepada anak seperti kekerasan fisik dan kekerasan psikologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat kekerasan pada anak dalam keluarga di Taman Kanak-kanak tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 20 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Kesimpulan dari penelitian adalah Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari 20 responden, sebagian besar mengalami kekerasan. Implementasi penelitian ini adalah sosialisasi kepada orangtua dan guru mengenai kekerasan yang tanpa disadari sudah kita lakukan kepada anak, baik secara verbal, fisik maupun secara psikis.
References
A’la, R. (2016). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah.
Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.
Ardi, A. D. I. H. I. N. A. R. (2022). Meta Analysis of Trauma Focused Cognitive Behavior Therapy for Reducing Child Sexual Behaviour in Sexually Abused Children. Journal of Educational, Health and Community Psychology, (Vol 11 No 3 September 2022), 625–638. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/Psychology/article/view/23597/pdf_180
Chakrawati, F. (2015). Bullying siapa takut. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Cresswell, T. (2012). Mobilities II: Still. Progress in Human Geography. https://doi.org/10.1177/0309132511423349
Diener, E., Lucas, R. E., Diener, E., & Larsen, R. J. (2009). Assessing Well-Being. The Science of Wellbeing The Collected Works of Ed Diener. https://doi.org/10.1007/978-90-481-2354-4
Fatimah, S. N. (2012). DINAMIKA KONSEP DIRI PADA ORANG DEWASA KORBAN CHILD ABUSED. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, (Vol 1 No 2 Desember 2012). Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/1423
Hunter, S. C., Durkin, K., Boyle, J., Booth, J. N., & Rasmussen, S. (2014). Adolescent bullying and sleep difficulties. Europe’s Journal of Psychology, 10(4), 740–755.
Nurrahman, A. (2019). Peran Serta Media Pembelajaran Dalam Memfasilitasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 101–105. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.24453
Prabu, A. A. A., & Puspitasari, M. (2005). Abstrak Peneltian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosi guru dan stres kerja terhadap kinerja guru. Metode pengujian validitas instrumen menggunakan pendekatan korelasi product moment dengan ketentuan kevalidan instrumen apabila nilai .
Puspitasari, A. M. D. E. W. I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Vol 4, No 2 (2020)), 757–765. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/451/pdf
Saifuddin Azwar. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. In Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1
Setiani, R. E. (2016). PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN UNTUK ANAK USIA DINI: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, (Vol 1 No 2 (2016)), 39–56. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1254
Shipman, K. L., Schneider, R., Fitzgerald, M. M., Sims, C., Swisher, L., & Edwards, A. (2007). Maternal emotion socialization in maltreating and non-maltreating families: Implications for children’s emotion regulation. Social Development. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2007.00384.x
Wahyuni, S., & Reswita, R. (2017). Hubungan Kematangan Emosional terhadap Kemampuan Bersosialisasi Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i2.351
Wardhana, K. (2015). Buku Panduan Melawan Bullying. Jakarta: Sudah Dong Community.
Yuliariatiningsih, W. A. C. A. H. E. S. D. N. M. Y. Y. M. S. (2018). LITERASI MEDIA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL & INTERNASIONAL, (2018: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS DAN TEKNOLOGI). Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4099/3808
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CERDAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0