Pemanfaatan Media Pembelajaran Sains untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i2.145Keywords:
perkembangan kognitif, pembelajaran sains, media pembelajaranAbstract
Masa usia dini adalah masa anak sedang mengalami masa pekanya, pada masa ini anak sangat sensitif menerima rangsangan. Masa peka merupakan kondisi dasar untuk mengembangkan kemampuan agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, serta sosial emosional. Perkembangan kognitif adalah proses dimana individu dapat meningkatkan kemampuan dalam menggunakan pengetahuannya. Kognisi adalah fungsi mental yang meliputi persepsi, pikiran, simbol, penalaran, dan pemecahan masalah terutama dalam pembelajaran sains. Pembelajaran sains pada anak usia dini masih berupa pengenalan warna, pencampuran warna, tumbuhan, binatang, gejala alam dan lain-lain. Metode yang dilakukan deskriptif kualitatif yang melibatkan 2 orang guru di kelas B2 di TK budhi luhur. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data penarikan kesimpulan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data dengan melakukan uji kredibilitas menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains kurang optimal dalam mengembangkan indikator pencapaian perkembangan kognitif anak karena media sains yang digunakan kurang tepat. Hendaknya, media pembelajaran sains yang dipilih berbasis alam, sebab melalui media alam maka kognitif anak akan lebih tergali.
References
Agustina, M. (2018). Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (ipa) dalam pembelajaran ipa madrasah ibtidaiyah (mi)/sekolah dasar (sd). At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1–10.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Duncan, H., & Parkhouse, S. (2013). Improving Literacy Skills for Children with Special Educational Needs. http://bangor.eblib.com/patron/ FullRecord.aspx?p=167098
Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. Pm Publisher.
Marli’ah, S. (2019). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Perkembangan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1).
Nafiqoh, H. (2018). Pembelajaran sains sederhana dalam rangka peningkatan motivasi belajar anak usia dini Di PAUD Tunas Siliwangi Cimahi Tengah. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(2), 77–84.
Novembli, M. S., Eldiva, F. T., Khusus, P., Kuning, U. L., Khusus, P., & Yogyakarta, U. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Logical Thinking Anak Hambatan Pendengaran melalui Project Based Learning. 7, 8786–8792.
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pembelajaran sains bagi anak usia dini melalui pembelajaran berbasis proyek pada masa belajar dari rumah. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).
Saepudin, A. S. A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 213–226.
Santrock, J. W. (2011). CHILD DEVELOPMENT. In Thirteenth Edition. McGraw-Hill. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
Suryana, D. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Hakikat Anak Usia Dini, 65. repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf
Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Prasekolah.
Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Plamboyan Edu, 1(1), 37–44.
Zudeta, E., Novembli, M. S., & Hasanah, N. (2023). Sumbangan Gadget bagi Keterlambatan Bicara Anak Usia Dini. 5(2), 55–62. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CERDAS - Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0