Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal Siswa Usia Dini

Authors

  • Yona Kamilia Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i2.144

Keywords:

Anak Usia Dini, Kecerdasan Intrapersonal,Kecerdasan Interpersonal, Metode cerita

Abstract

Kecerdasan memiliki peran penting bagi anak usia dini dalam megembangkan tumbuh kembang anak,oleh karena itu, guru memiliki peran untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak yang penting bagi tumbuh kembang kemampuan bersosialisasi dan kemampuan mengelola emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses hingga hasil dari upaya yang dilakukan oleh guru Kelompok B dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan intrapersonal anak didiknya.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru kelas kelompok B Saffa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan pengamatan lapangan dan wawancara, Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif.. Hasil Penelitian ini adalah Adapun upaya guru kelompok B antara lain melibatkan anak dalam memilih judul buku, melanjutkan cerita yang awalnya diceritakan oleh guru dan Memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menjawab pertanyaan guru dari cerita yang sudah dibacakan oleh gurunya sebelumnya. Dengan mengembangkan dan mengenali kecerdasan intrapersonal dan intrapersonal seorang anak dapat mengenali dirinya sendiri dan mengelola emosinya dengan baik.

References

Afdalipah, R., Ummah, S. S., & Prastyo, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Excelencia Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–35.

Amaliyah, A., Rahman, F., & Maryam, S. (2022). Enhancement School Competitiveness Through A Literacy Culture Based on Local Wisdom. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2325–2333.

Azizah, M. N. (2019). Peran Pembelajaran Homeschooling dalam Membentuk Kecerdasan Intrapersonal (Studi di Fikar School Rempoa Tangerang Selatan).

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1–5.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Fadhillah, D., & Novianti, E. (2021). Bagaimana Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Intrapersonal Menjelaskan Prestasi Belajar Siswa? Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 17–35.

Holis, A. (2017). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 23–37.

Ikasari, M. N. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di TA Al-Mannar Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81–99.

Leasa, M., Corebima, A. D., Ibrohim, & Suwono, H. (2017). Emotional intelligence among auditory, reading, and kinesthetic learning styles of elementary school students in Ambon-Indonesia. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(1), 83–91. https://doi.org/10.26822/iejee.2017131889

Limarga, D. M. (2017). Penerapan metode bercerita dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan empati anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(1), 86–104.

Muawanah, M. (2018). Implikasi Psikologi Perkembangan Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Vijjacariya: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Buddhis, 5(2).

Mubarak, A. F., Noor, W. N., Widat, F., Wafiroh, K., & Hayati, N. (2022). Upaya Guru dalam Membangun Kecerdasan Intrapersonal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3782–3792.

Novembli, M. S., & Azizah, N. (2020). Bagaimana self-efficacy calon guru siswa dengan disabilitas di sekolah inklusi?: Studi di berbagai Perguruan Tinggi. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(1), 51–66. https://doi.org/10.30996/persona.v9i1.2804

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.

Peking, B. S., Utami, F. B., & Supardi, S. (2020). KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN: STUDI DI TKK 6 PENABUR KELAPA GADING, JAKARTA UTARA. JURNAL CIKAL CENDEKIA, 1(1).

Putri, A. A. A. D. (2019). Penerapan metode bercerita menggunakan media audio-visual untuk meningkatkan pemahaman anak usia dini mengenai bencana alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 246–250.

Rozi, F., Widat, F., Saleha, L., Zainiyah, A., & Aisyah, S. N. (2022). The “Aku Bisa” program; efforts to train early childhood independence. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3218–3231.

Sadiana, M., & Yulidesni, Y. (2016). Penerapan metode bcm (bermain, cerita, menyanyi) untuk mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini. Jurnal Triadik, 15(2), 9–16.

Sahidun, N. (2018). Peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui permainan tradisional. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 13–17.

Sari, L. E. (2019). implementasi model pembelajaran sentra dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak usia dini di tkit 1 qurrota a’yun ponorogo. IAIN Ponorogo.

Umiarso, U., Baharun, H., Zamroni, Z., Rozi, F., & Hidayati, N. (2022). Improving Children’s Cognitive Intelligence Through Literacy Management.

Utama, W. W. I. (2020). Optimalisasi Kecerdasan Intrapersonal Sebagai Sarana Pembentuk Kemandirian Anak Di Tk Pkk 76 Desa Guwosari Yogyakarta. JURNAL CIKAL CENDEKIA, 1(1).

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles