Kegiatan Asistensi Mengajar Program Unggulan Magang Kependidikan di SDN 109 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v4i1.1186Keywords:
Bantuan Mengajar, Program Magang Kependidikan, MBKM, Pendidikan, Pengembangan Media Pembelajaran, SDN 109 Kota JambiAbstract
Kegiatan Pendampingan Mengajar pada Program Magang Kependidikan di SDN 109 Kota Jambi merupakan salah satu implementasi dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan oleh Universitas Jambi. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa sebagai calon pendidik dengan membekali mereka dengan pengalaman praktis di bidang pendidikan, baik dalam pengajaran maupun administrasi sekolah. Magang berlangsung selama empat bulan, dimulai dari observasi lingkungan sekolah hingga melakukan praktik mengajar terbimbing di kelas. Siswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan, antara lain penyiapan bahan ajar, pengembangan media pembelajaran, dan penerapan inovasi dalam pengajaran. Sepanjang program, siswa juga mengasah keterampilan komunikasi, kerja tim, dan manajemen waktu yang penting bagi dunia kerja. Selain itu, siswa diberikan kesempatan untuk memanfaatkan teknologi dalam pengajaran, seperti membuat media pembelajaran interaktif berbasis permainan untuk pembelajaran matematika. Magang ini juga mempererat hubungan antara Universitas Jambi dan SDN 109 Kota Jambi sekaligus mengintegrasikan teori yang dipelajari di kampus dengan pengalaman praktik lapangan. Program ini berhasil mempersiapkan siswa menjadi guru yang kompeten, profesional, dan siap menghadapi tantangan dunia pendidikan.
References
Pratama, R. E., & Aryaningrum, K. (2017). Penggunaan Internet Multimedia Interaktif Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(2), 119-129.
Direktorat Jrndral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Dikti.Kemendikbud.
Komang, D. W. S. J. S., & I Made Pande, A. (2022). KEGIATAN MAGANG/PRAKTIK
KERJA PROGRAM MBKM DI PT. TUKA BALI.
Puspitasari, R., & Nugroho, R. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka FISIP UPN Veteran Jawa Timur. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2), 78–85
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CERDAS - Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0