Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Permasamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 2 Mimika
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i1.117Keywords:
Metode Diskusi Kelompok, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eskperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Mimika pada bulan Agustus-September 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Mimika yang berjumlah 77 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang siswa yang terdiri atas dua kelas yakni kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan metode diskusi kelompok sedangkan kelas kontrol hanya menggunakan metode konvensional (ceramah) dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dapat dilihat bahwa penggunaan metode diskusi pada kelompok eksperimen dalam proses pembelajaran dengan jumlah nilai 1.029, nilai minimum 28, nilai maksimum 45, nilai rata-rata 36,75 dan variansi 27,083. Sebaliknya pada kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh jumlah keseluruhan nilai hasil belajar adalah 800, nilai minimum 23, nilai maksimum 40, nilai rata-rata 32 dan varian 25,306. Pengujian hipotesis hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Mimika. Dari hasil analisis diperoleh bahwa thitung > ttabel (3,376 > 1,675), maka Ha diterima dan Ho ditolak.
References
Kholis, M. N., Sucipto, S., & Firliana, R. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SANTRI BARU DI PONDOK MODERN AL-ISLAM KAPAS SUKOMORO NGANJUK JAWA TIMUR MENGGUNAKAN METODE TOPSIS. Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 1503–1514.
Nadhif, M. F., Indriati, R., & Sucipto. (2019). Arsitektur Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Queue Tree. Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 145–150.
Sucipto, S. (2017). Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar. Jurnal INTENSIF, 1(1), 37–45.
Sucipto, S. (2018). Sales Transaction Result Analysis for Increase Prediction of Income. Fountain of Informatics Journal, 3(2), 31–35.
Sucipto, S., Dewi, E. K., Resti, N. C., & Santi, I. H. (2020). Improving The Performance of Alumni Achievement Assessment by Integrating Website-Based Tracer Study Information Systems and Telegram API. TEKNIK, 41(1), 72–77. https://doi.org/10.14710/teknik.v41i1.25307
Sucipto, S., Hariawan, F. B., Nurita, V., & Tammam, A. G. (2018). Functional Database in Gateway-based Price Service System [Basis Data Fungsional dalam Sistem Pelayanan Harga berbasis Gateway]. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 16(2), 101. https://doi.org/10.17933/bpostel.2018.160203
Sucipto, S., & Karaman, J. (2015). Perancangan Sistem Informasi Strategis Balai Desa Gadungan Untuk Integrasi Sistem Informasi Publikasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 2.3-31-2.3-36. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Sucipto, S., Suhartanto, A., & Firliana, R. (2015). Representasi Fuzzy Tsukamoto Menggunakan Fungsi PL/PgSQL Dan Check Constraint. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 4.5-7-4.5-12. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Sucipto, Indriati, R., & Hariawaan, F. B. (2017). DESAIN DATABASE UNTUK OPTIMALISASI SISTEM PREDIKSI TRANSAKSI PENJUALAN. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 88–93.
Suhartanto, A., & Sucipto, S. (2016). Penggunaan Expert System Dalampemilihan Varietas Padi Berdasarkan Kondisi Lahan Studi Kasus: Gapoktan Ds. Kleco, Kec. Wungu - Kab. Madiun. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 3.4-19-3.4-24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0