Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Cordova Timika Papua

Authors

  • Saria Bilolo STKIP Hermon Timika
  • A. Rasul STKIP Hermon Timika
  • Ruben Sonda STKIP Hermon Timika

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i1.116

Keywords:

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Cordova Timika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini terdiri dari kelas eksprerimen yaitu kelas eksperimen kelas VII A sebanyak 20 orang dan kelas kontrol yaitu kelas VII C sebanyak 20 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebanyak 22,7% hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh model pembelajaran Problem Based Learning. Sisanya 77,3% hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh variabel lain. Dengan persamaan regresinya regresinya = 98  + 7,5X.

References

A. Rasul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Mandalika Mathematics and Education Journal, 11.

Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung; PT.Remaja Rosdakarya.

Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu dan Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Fitri. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 3(1).

Hamalik, Omear. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Heris, Hendriana. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Kline,R.B. 2011. Principles And Practice Of Structural Equation Modeling. Third Edition. New York Guilford Press.

Maryani dan Fatmawati. 2015. Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2009. Principles and Standars for School Mathematics. Reston,VA:NCTM.

Novita E.I, 2006. Efektivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning). Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Pelajaran Matematika. Jurnal Psikologi: Volume 3(1).

Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wisudawati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles