Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran

Authors

  • Desi Toifah STKIP Hermon Timika
  • A. Rasul STKIP Hermon Timika
  • Subhanudin Subhanudin STKIP Hermon Timika

DOI:

https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i1.115

Keywords:

Hasil Belajar, Team Games Tournament (TGT), Pecahan Campuran

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik SMP Negeri 12 Ayuka melalui metode Tipe Team Games Tournament (Tgt). Metode penelitian ini adalah kuantitaf dan kualitatif. Sampel penelitian adalah kelass VII SMP Negeri Ayuka sebanyak 21 Siswa. Instrument yang digunakan dalam pengambilan atau pengumpulan data berupa tes yang dilakukan setelah belajar mengajar berlangsung. Peningkatan belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari tes awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 28,57% dan setelah adanya Tipe Team Games Tournament (Tgt) mencapai nilai ketuntasan 52,38% untuk tes siklus I dan 71,42% untuk tes siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil pecahan campuran pada siswa kelas VII SMP Negeri Ayuka akan bias meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Tipe Team Games Tournament (TGT).

References

A. Rasul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Mandalika Mathematics and Education Journal, 11.

Depdikbud. 1993. Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika, Malang. IKIP Malang.

Marpaung, Y. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika di Sekolah. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Yogyakarta, tanggal 28 – 29 Maret 2003

Muhkal, Mappaita. 1999. Pengembangan Rencana Pembelajaran Matematika di SLTP dan SMU. Modul Kuliah. Makassar: FMIPA UNM.

Kemampuan Menyelesaikan Masalah Melalui Proses Belajar Mengajar Matematika. Eksponen.Vol. 1, No. 2. Juli, hal: 1 – 8. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Mustaring, H. 2003. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Mallengkeri 2 Makassar Melalui Pemberian Tugas Setiap Akhir Pembelajaran Disertai Umpan Balik. Skripsi. Tidak dipublikasikan Jurusan Matematika FMIPA. Makassar

Suherman, H. Erman, dkk. 2003. Common Textbook: Strategi Pembelajaran Matematika Komterporer. Edisi Revisi. Penerbit: JICA. UPI Bandung.

Sukirman. 2001. Keterampilan Guru Matematika MTsN dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains (JPMS), hal:1 - 10. Penerbit: FMIPA UNY. Bandung.

Sukoriyanto. 2001. Langkah-langkah dalam Pengajaran Matematika dengan Menggunakan Penyelesaian Masalah. Jurnal Matematika. Tahun VII, Nomor 2, bulan Agustus, hal: 103 - 111. Penerbit: FMIPA Malang.

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles