Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Perkalian Pada Kelas VII SMP Yosua Timika
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i1.114Keywords:
Pendekatan Saintifik, Kemampuan Siswa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi operasi perkalian kelas VII SMP Yosua Timika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Yosua Timika. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas, wawancara dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendekatan saintifik pada materi operasi perkalian dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Kemampuan belajar siswa ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok siswa secara heterogen, memotivasi siswa dengan memberikan nilai tambahan, dan memberi kesempatan secara luas kepada seluruh siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasannya dalam proses belajar maupun diskusi kelompok, dengan demikian peningkatan kemampuan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus dengan melakukan tindakan memberikan lembar kerja siswa berbasis saintifik. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus mulai meningkat dari Siklus I yaitu; 64,64 dan Siklus II yaitu; 73,24. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Matematika dengan materi operasi perkalian bilangan bulat dapat meningkatkan aktifitas belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa.
References
A. Rasul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Mandalika Mathematics and Education Journal, 11.
Arikunto, S,Dkk.2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Atsnan, Rahmita Yuiana Gazali. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan.
Kemendikbud. 2013. Implementasi Kurikulum 2013, Materi Pelatihan Guru SMA-Matematika. Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Kurikulum.
Oemar, Hamalik. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Oemar, Hamalik. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama.
Rustaman, A. 2005. Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Santoso, Singgih. 2003. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0