Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Timika
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i1.113Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, jigsaw, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika,(2)Hasil belajar matematika setelah menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan untuk tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi Segi Empat. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Timika dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII C yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Timika pada materi Segi Empat dan penggunaannya dapat dilihat dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada tiap siklus. Siklus 1 hasil belajar peserta didik memiliki nilai rata-rata 69 dengan presentase ketuntasan belajar 41,93%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 77,12 dengan presentase ketuntasan belajar 100%. Dengan demikian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP Negeri 2 Timika pada mata pelajaran Matematika materi Segi Empat.
References
A. Rasul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe. Mandalika Mathematics and Education Journal, 11.
Arikunto.2004.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Arikuno,Suharsimi.2006.Penelitia n Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Fathurrohman, Muhammad.2015. Model-model Pembelajaran Inovatif.Yogyakarta: Ar ruzz Media.
Hamalik, Oemar.2001. Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Komalasari,Kokom.2013.Pembelaj aran Konstektual Konsep dan Apilikasi.Bandung: PT Refika Adiatama.
Purwanto, Ngalim.2006.Prinsip- prinsip dan Teknik Pengajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto.2012.Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Sudijono, Anas.2008.Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana.2010.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Cet XV.Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus.2015.Cooperative Learning Teori dan Apilikasi PAIKEM (revisi).Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CERDAS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0