Metode Penyelesaian Konflik di Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.58794/cerdas.v3i2.1094Keywords:
Penyelesaian Konflik, Pendidikan Islam, Lembaga Pendidikan Islam, Manajemen KonflikAbstract
Sebagian besar metodologi yang digunakan dalam penyelesaian konflik menunjukkan kecenderungan untuk menjadi umum dan saat ini tidak memasukkan prinsip-prinsip Islam sebagai aspek dasar dari manajemen konflik. Penelitian ini bercita-cita untuk berkontribusi baik secara teoritis maupun praktis ke domain manajemen pendidikan. Dalam penyelidikan ini, menggunakan metodologi penelitian studi perpustakaan, yang mencakup kerangka teoritis yang berkaitan dengan masalah yang ada yang dibahas dalam penelitian, dilakukan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi manajemen konflik yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam, seperti musyawarah, tahkim, dan islah, sangat relevan untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggambarkan bahwa konflik di dalam institusi pendidikan Islam adalah kejadian yang tak terelakkan. Namun demikian, dengan pendekatan yang tepat, konflik dapat diubah menjadi peluang untuk meningkatkan efektivitas kelembagaan. Nilai-nilai Islam akan memberikan kerangka kerja yang kuat untuk manajemen konflik yang konstruktif.
References
Abdullah, D. (2017). Musyawarah Dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian Tafsir Tematik). Retrieved from https://doi.org/10.24252/ad.v3i2.1509
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik Dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Al-Fikri, 01(2), 31–38. Retrieved from http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3206
Bashori. (2020). Resolusi Manajemen Konflik Kajian Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 337–349.
Bashori. (n.d.). Manajemen Konflik Di Tengah Dinamika Pondok Pesantren dan Madrasah.
Binti Kholifah, Y. (2019). Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam. In Jurnal Piwulang (Vol. 2).
Dwita, F., Agustine, L., Supardi, S., & Shalahuddin, S. (2023). Konflik pada Tempat Kerja Berdasarkan Gaya Kepemimpinan Toxic di Perguruan Tinggi: Systematic Literature Review. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(1), 41. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i1.3306
Fiandi, A. (n.d.). Manajemen Konflik Dalam Perspektif Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(9), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.8399911
Haryono, E., Supritahatiningsih, S., & Sariman. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Hasan, W. (2014). Manajemen Konflik Dalam Perspektfi Dakwah.
Hasanah, U. (2020). Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Kerja pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.6448
Islam, U., Lampung, A. N., Pesantren, J., 01, N., Sidoharjo, K. J., Agung, K. L., & Selatan, L. (2023). Manajemen Konflik di Sekolah Eko Suncaka. Journal on Education, 05(04), 15143–15153.
Kamilah, A., Mardiyah, ), Amaris, ), Putri, E., Muhammad, ), & Jabbaar, A. (2023). Jurnal Manajemen Pendidikan. 11(1). Retrieved from https://jmp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JMP/index
Manajemen dan Penanganan Konflik Dalam Lembaga PendidikanRamli, Julaiha, S., & Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U. (2024). Stratēgo: Jurnal Manajemen Modern. Retrieved from https://journalpedia.com/1/index.php/jmm
Maulidatul Hasanah, D., Izsasi Aminah Haryanti, N., Anadatul Ustazia, P., Mu, alimin, & Islam Negeri Kiai Haji Achmad Sidiq Jember, U. (2024). Model Pengelolaan Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. 1(4), 97–112. https://doi.org/10.61132/reflection.v1i4.174
Muhith, H. Z. (2023). Manajemen Konflik Tata Kelola Penyelesaian Konflik di Lembaga Pendidikan Islam. Jl. Bromo 302 RT 01 RW 03 Kebonagung Sukodono-Lumajang-Jawa Timur: Klik Media Anggota IKAPI.
Muliati, I. (n.d.). Manajemen Konflik Dalam Pendudukan Menurut Perspektif Islam
Muspawi, M. (2014). Manajemen konflik (upaya penyelesaian konflik dalam organisasi) (Vol. 16). Jambi University.
Nurhayati. (2019). J-HES Penyelesaian Sengketa Dalam Hukum Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Eknomi Syariah, 3(1). Retrieved from https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2118
Nurul Hafshotus Shofirah, Amiroh Hilmi Wasalma, Isti Annisa, M. Roikul Ubbad, & Mu’alimin Mu’alimin. (2023). Teori Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 197–207. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i1.592
Risnita, Jamaluddin, Mahmud, Fridiyanto, & Jamrizal. (2022). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Riau: Dotplus Publisher.
Rusdiana. (2015). Manajemen Konflik. Bandung: CV.Pustaka Setia.
Suryani, N. K., Ximenes, M., & Laksemenini, K. D. (2019). Buku Ajar Perilaku Organisasi . Bandung: Nilacakra.
Syarifudin, F., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (n.d.). Urgensi tabayyun dan kualitas informasi dalam membangun komunikasi.
Syarnubi. (2016). Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-Suka Yogyakarta (Vol. 2). Retrieved from https://doi.org/10.19109/tadrib.v2i1.1166
Wijayanti, Yani. S. H. M. dan F. (2015). Manajemen Konflik Organisasi Dalam Perspektif Islam. Jurnal Komunikasi Profetik, 8(1), 44–56.
Zulkarnain, W. (n.d.). Manajemen Konflik Dalam Pelaksaan Pendidikan di Sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CERDAS - Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
CERDAS - Journal of Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0