Penetapan Kadar Amilosa Pada Mi Sagu Secara Spektrofotometri Uv-Vis

Authors

  • Rahmadhani Chan Universitas Abdurrab
  • Wahyu Margi Sidoretno Universitas Abdurrab
  • Rini Lestari Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jfarm.v1i1.490

Keywords:

Mi sagu, Amilosa, spektrofotometri UV-Vis

Abstract

Sagu merupakan bahan pangan yang cukup potensial sebagai sumber karbohidrat karena hampir seluruhnya berupa pati. Pati memiliki dua fraksi yaitu amilosa dan amilopektin. Amilosa merupakan polimer glukosa berbentuk linier (lurus), yang dihubungkan oleh ikatan α-1,4-glikosidik. Kadar amilosa dapat dilihat pada pengolahan sagu, contohnya pada mi sagu. Kadar amilosa tersebut menentukan rasa dan mutu mi sagu yang dihasilkan dan menentukan sifat fisik lainnya. Kandungan amilosa dalam bahan pangan dapat ditentukan berdasarkan pada kemampuannya untuk bereaksi dengan senyawa iodin menghasilkan kompleks berwarna biru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar amilosa pada mi sagu dengan menggunakan metode Spektrofotometri UV-Vis. Panjang gelombang maksimum standar amilosa 645 nm. Persamaan regresi linier yaitu y = 0,0246x + 0,0146 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,9984. Kadar amilosa pada mi sagu dengan 3 kali pengulangan adalah 4,25%.

References

Andarwulan, N., Feri, K., dan Dian, H. 2011. Analisis Pangan. Jakarta : Dian Rakyat.

Boediono, Mario P. A. D. R. 2012. Pemisahan dan Pencirian Amilosa dan Amilopektin Dari Pati Jagung dan Kentang Pada Berbagai Suhu. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor

Day, R. A dan A. L., Underwood., 2002. Analisis Kimia Kuantitatif, terjemahan oleh Iis Sopyan. Edisi IV. Jakarta : Erlangga.

Gandjar I. G dan Abdul, R. 2012. Analisa Obat secara Spektrofotometri dan Kromatografi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lisan, H. Dewita dan Syahrul.2014. Kajian Pengolahan Mi Sagu Konsentrat Protein Ikaan Patin (Pangasius hypopphthalmus) Instan yang di Fortifikasi Tepung Bayam (Amaranthus sp).Jurnal Online Mahasiswa.Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau.

Litaay, C. 2012. Fortifikasi Tepung Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis) terhadap Karekteristik Mi Sagu.Skripsi universitas Institut Pertanian Bogor: Bogor.

Lestari, R., Sri. K., Lusiana. B., Megi. R. 2018. Penetapan Kadar Amilosa dan Protein pada Beras Solok Jenis Anak Daro dan Sokan yang Ditanam dengan Sistem Pertanian Organik dan Sistem Pertanian Konvensional.Journal of Pharmacy and Sains. Volume 02: 28-38. Pekanbaru: Universitas Abdurrab.

Rauf, Rusdin. 2015. Kimia Pangan. Yogyakarta : Andi.

Rashmi.S, dan A. Urooj. 2003. Effect of Processing on Nutrionally Important Starch Fraction in Rice Varieties. International Journal of Food Science and Nutrition.Volume 54: 27-36.

Sarker, S. D., dan Lutfun N. 2009. Kimia Untuk Mahasiswa Farmasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soenardi, T dan Sri Wulan. 2009. Hidangan Nikmat Bergizi dari Bumi Indonesia Aneka Sajian Mi dan Olahan lain. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Standarisasi Nasional Indonesia. 2015. Standar Nasional Indonesia Nomor 6128 Tentang Beras.

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles