Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pasien Pengguna Telehealth Pharmacy Di Apotek X Studi Kasus

Authors

  • Eva Sartika Dasopang Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Susi Ari Kristina Universitas Gajah Mada
  • Fenny Hasanah Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Emilia Hasibuan Universitas Tjut Nyak Dhien
  • Siti Syarah Universitas Tjut Nyak Dhien

DOI:

https://doi.org/10.58794/jfarm.v2i2.1026

Keywords:

Apotek, Kepercayaan, Pelayanan, Telehealth, Pharmacy

Abstract

Teknologi Informasi dan Telekomunikasi berkembang dengan pesat dan menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Layanan seluler menjadi pilihan untuk mendorong transformasi dalam pemberian layanan kesehatan. Layanan kesehatan melalui telepon seluler atau mobile phone banyak dijumpai, terutama layanan terkait dengan kedokteran. Telehealth pharmacy merupakan suatu layanan yang dapat menghubungkan komunikasi antara pasien dengan apoteker. Apotek menjadi tempat yang dapat menciptakan hubungan baru apoteker dengan pasiennya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien pada layanan Telehealth Pharmacy di Apotek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif yang dilaksanakan di Apotek X di kota Medan, pada bulan Februari-April 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien sebanyak 100 orang yang menggunakan layanan Telehealth Pharmacy pada Apotek X di Kota Medan. Uji skala likert digunakan untuk melihat kategori yang ditunjukkan pada kualitas pelayanan dan kepercayaan layanan Telehealth Pharmacy di Apotek X yang bersumber dari pasien. Uji chi-square digunakan untuk melihat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepercayaan pasien melalui layanan Telehealth Pharmacy. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien pada Telehealth Pharmacy mendapatkan 73% yang dikategorikan baik dan tingkat kepercayaan didapatkan 76% yang dikategorikan baik. Serta terdapat hubungan signifikansi antara kepercayaan pada layanan Telehealth Pharmacy di apotek X kota Medan yaitu sebesar P-value 0,000.

References

Antari, N.P.U., Meriyani, H. and Suena, N.M.D.S. (2019) ‘Faktor – Faktor Komunikasi Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Terhadap Tenaga Teknis Kefarmasian’, Jurnal Ilmiah Medicamento, 5(2). Available at: https://doi.org/10.36733/medicamento.v5i2.431.

Aryanto, F. et al. (2023) ‘Penerapan Layanan Telefarmasi oleh Apoteker di Apotek Wilayah Surabaya pada Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Farmasi Komunitas, 10(1), pp. 54–62.

Baldoni, S., Amenta, F. and Ricci, G. (2019) ‘Telepharmacy services: Present status and future perspectives: A review’, Medicina (Lithuania), 55(7). Available at: https://doi.org/10.3390/medicina55070327.

Bigirimana, S. and Chinembiri, M. (2015) ‘Towards E-Pharmacy: The Future Information and Communication Technologies Needs for Community Pharmacies in Harare, Zimbabwe.’, International Journal of Economics, Commerce and Management, III(4), pp. 1–26. Available at: http://ijecm.co.uk/.

Cobelli, N. and Chiarini, A. (2020) ‘Improving customer satisfaction and loyalty through mHealth service digitalization: New challenges for Italian pharmacists’, TQM Journal, 32(6), pp. 1541–1560. Available at: https://doi.org/10.1108/TQM-10-2019-0252.

Depkes (2009) Klasifikasi Umur Menurut Kategori. Jakarta: Ditjen Yankes.

Diza, F., Moniharapon, S. and Ogi, I.W.J. (2016) ‘Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen’, Jurnal EMBA, 4(1), pp. 109–119. Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11568.

E.B., G.A. and S.W., E.D. (2017) ‘Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kepekaan Sosial di Usia Remaja’, Jurnal The Messenger, 9(1), p. 65. Available at: https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.428.

Fadhila, N.A. and Diansyah (2018) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pasien sebagai Variabel Intervening di Klinik Syifa Medical Center’, Media Studi Ekonomi, 21(1), pp. 1–9.

Farid, A. et al. (2022) ‘Efektivitas Penggunaan Layanan Telefarmasi di Era Pandemi COVID-19 dari Perspektif Masyarakat’, Jurnal Farmasi Komunitas, 9(2), pp. 152–157. Available at: https://doi.org/10.20473/jfk.v9i2.32924.

Gajarawala, S.N. and Pelkowski, J.N. (2021) ‘Telehealth Benefits and Barriers’, Journal for Nurse Practitioners, 17(2), pp. 218–221. Available at: https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2020.09.013.

Juwita, fajar ira, Widayati, A. and Istyastono, E.P. (2020) ‘THE USE OF INTERNET AND SOCIAL MEDIA FOR DRUG INFORMATION SERVICES IN PHARMACIES IN YOGYAKARTA PROVINCE: A STUDY OF ASTHMA CARE’, Journal of Pharmaceutical Sciences and Community, 17(1), pp. 59–68. Available at: https://doi.org/10.24071/jpsc.002181.

Kumar, K., Parida, M. and Katiyar, V.K. (2013) ‘Short Term Traffic Flow Prediction for a Non Urban Highway Using Artificial Neural Network’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 104(July 2015), pp. 755–764. Available at: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.11.170.

Kusumapradja, R., Suandewi, N.P.A. and Germas, A. (2013) ‘Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Karakteristik Pasien, Dan Hambatan Pindah Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rsud Cibinong’, Forum Ilmiah, 10(1), pp. 64–74.

Pongoh, M.E. (2013) ‘Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu As Telkomsel di Kota Manado’, Jurnal EMBA, 1(4), pp. 1–5.

Pratiwi, H. et al. (2020) ‘Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Apoteker Pada Layanan Kefarmasian Di Apotek Kecamatan Sokaraja, Baturraden, Sumbang, Dan Kedungbanteng’, JPSCR: Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, 5(1), p. 33. Available at: https://doi.org/10.20961/jpscr.v5i1.39273.

Puspasari, H., Harida, S. and Fitriyani, D. (2018) ‘Tingkat Pengetahuan Tentang DAGUSIBU Obat Antibiotik Pada Masyarakat Desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang Tahun 2017’, Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 3(1), pp. 11–18. Available at: https://doi.org/10.37874/ms.v3i1.60.

Putra, A. (2020) ‘Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Implikasinya Pada Minat Pembelian Ulang Produk Sunnygold (Studi Kasus Pada Konsumen SunnyGold Di Jakarta Selatan’, Jurnal Dinamika Manajemen, 3(2), pp. 196–211.

Ramadhan, M.F., Siroj, R.A. and Afgani, M.W. (2024) ‘Validitas and Reliabilitas’, Journal on Education, 6(2), pp. 10967–10975. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4885.

Ruditya, A.N. and Chalidyanto, D. (2015) ‘HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PENILAIAN KUALITAS PRODUK APOTEK RAWAT JALAN’, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume, 3. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.jbusres.2013.07.020%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.annals.2010.10.008%0Ahttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:As+cidades+e+territ?rios+do+conhecimento+na+?ptica+desenvolvimento+e+do+marketing+territorial#.

Sahara, R. (2017) ‘Analisa Performansi Mobile Learning dengan Konten Multimedia pada Jaringan Wireless Studi Kasus pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana’, Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 5(3), p. 251. Available at: https://doi.org/10.22441/incomtech.v5i3.1143.

Sediawan, M.L. (2022) ‘Kepercayaan Pasien Terhadap Layanan Kesehatan Suatu Studi Tinjauan Sistematis’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 11(1), pp. 71–83. Available at: https://doi.org/10.33475/jikmh.v11i1.283.

Sesilia, A.P. (2020) ‘Kepuasan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Teknologi ( Tele-Health ) di Masa Pandemi COVID-19 : Efek Mediasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Patient satisfaction use Technological Health Service ( Tele-Health ) during the COVID-19 pandemic : Mediating eff’, 1(3), pp. 243–252.

Silalahi, R.R., Mardani, P.B. and Christanti, M.F. (2019) ‘PENINGKATAN LITERASI KESEHATAN DIGITAL BAGI IBU-IBU RUMAH TANGGA DI POSYANDU FLAMBOYAN, BEKASI’, Journal of Dedicators Community, 4, pp. 57–67.

Winahyuningsih, P. (2010) ‘Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griptha Kudus’, Sosial dan Budaya, 3(2), pp. 1–17.

Yusup, F. (2018) ‘UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF’, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7, pp. 17–23. Available at: https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884.

Zainuddin, P. and Oktarida, A. (2015) ‘Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota …’, Seminar Nasional Penelitian dan … [Preprint], (October 2015). Available at: http://eprints.polsri.ac.id/14001/%0Ahttp://eprints.polsri.ac.id/14001/1/27. snapp 2015.pdf.

Downloads

Published

2024-09-27

Issue

Section

Articles