Pemodelan Sistem Penjualan Suku Cadang Motor Dan Layanan Cepat Berbasis Website Di Bengkel Meca Dengan Metode Waterfall
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v4i3.930Keywords:
Bengkel Online, web, WaterfallAbstract
Di era digital saat ini, keberadaan sebuah situs web sangat penting bagi setiap bisnis, termasuk bengkel. Situs web tidak hanya digunakan sebagai alat pengiriman informasi, tetapi juga sebagai platform penjualan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya sebuah situs web dalam meningkatkan penjualan suku cadang bengkel. Melalui analisis literatur dan studi kasus, ditemukan bahwa sebuah situs web dapat meningkatkan visibilitas bengkel, memperluas jangkauan pasar, dan memberikan kenyamanan bagi konsumen untuk mencari dan membeli suku cadang. Selain itu, situs web memberikan kesempatan untuk menerapkan strategi pemasaran digital seperti optimasi mesin pencari (SEO), periklanan online, dan penggunaan media sosial, yang dapat menarik lebih banyak calon pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bengkel yang memiliki situs web cenderung mengalami peningkatan signifikan dalam penjualan suku cadang dibandingkan dengan yang tidak memiliki situs web. Oleh karena itu, berinvestasi dalam pembuatan dan manajemen situs web merupakan langkah strategis penting yang perlu diadopsi oleh bengkel untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis.
Downloads
References
M. Papuangan, I. Hizbullah, Arsul, F. Thaib, and N. Pulo, “Sistem Informasi Penjualan Motor Bekas Berbasis Web Pada Bengkel Anca Jaya Monalisa Baru,” J. Tek. SILITEK, vol. 1, no. 01, pp. 36–45, 2021, doi: 10.51135/jts.v1i01.6.
R. Miftah and R. Farismana, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart,” J. Informatics, vol. VIII, no. 2, pp. 44–56, 2021.
T. Harlina and E. Handayani, “Klasifikasi Motif Batik Banyuwangi Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (K-NN) Berbasis Android,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 1, pp. 82–96, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i1.2411.
A. Nurrohman, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE PADA BENGKEL SABAR MOTOR KLATEN,” Yogyakarta, 2010.
D. Aditia and Mardianto, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART DI BENGKEL MOTOR WANDA,” PANGKALPINANG, 2021. [Online]. Available: http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.fishres.2013.04.005%0Ahttps://doi.org/10.1038/s41598-020-
A. Sudianto, H. Ahmadi, and A. Alimuddin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Pada Bengkel Vinensi Motor Berbasis Web Sebagai Guna Meningkatkan Penjualan dan Promosi Produk,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 115–122, 2020, doi: 10.29408/jit.v3i2.2289.
T. H. S. Putra, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART SEPEDA MOTOR BERBASIS WEB (STUDI KASUS: JOYO SPEED MOTOR),” Surabaya, 2019. [Online]. Available: http://e-journal.rosma.ac.id/index.php/interkom/article/view/31
A. S. P. Hasibuan, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART MOTOR BERBASIS WEB,” Jakarta, 2017. [Online]. Available: ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf
Y. Arianti and M. Ashari, “Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Al-Idan Variasi Motor Kelurahan Karang Baru, Kecamatan Mataram,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 46–51, 2018, doi: 10.36595/misi.v1i1.17.
C. F. Hamdani and A. Rahman, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Berbasis Web di Hamdani Speedshop,” JAMASTIKA, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: https://bnr.bg/post/101787017/bsp-za-balgaria-e-pod-nomer-1-v-buletinata-za-vota-gerb-s-nomer-2-pp-db-s-nomer-12
S. Simangunsong, M. I. Hutapea, and E. J. G. Harianja, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Dan Jok Sepeda Motor Pada Bengkel Rakyat Motor Berbasis Web,” TAMIKA J. Tugas Akhir Manaj. Inform. Komputerisasi Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 48–54, 2022, doi: 10.46880/tamika.vol2no1.pp48-54.
D. H. PUTRANTO, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPARE PART MOTOR SECARA ONLINE BERBASIS WEB (STUDI KASUS: CV. APE SPARE PART),” JAKARTA, 2015.
D. A. Pramudika and S. Iriani, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Spare Part Komputer Pada Toko Arta Komputer Pacitan,” Sentra Penelit. Eng. dan Edukas, vol. 7, no. 1, pp. 31–38, 2015, [Online]. Available: http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1335
I. G. A. A. P. K. Dewi, R. A. N. Diaz, and N. W. C. A. P. Pratami, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Menggunakan Framework Laravel pada Toko Saudara Jaya Motor,” Pros. Semin. Has. Penelit. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 2, pp. 260–265, 2024.
N. Surojudin, “Sistem Informasi Penjualan Spare Part Sepeda Motor Berbasis Delphi,” J. Teknol. Pelita Bangsa, vol. 12, no. 3, pp. 171–178, 2021.
Agustiarno, A. Adnan, and Hendry, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan PD Karya Motor Berbasis E-Commerce,” J. InTekSis, vol. 4, no. 1, pp. 43–51, 2017.
A. Setiadi and F. Alfiah, “Sistem Penjualan Spare Part Toko Ajm Motor Menggunakan Ci Berbasis Arsitektur Mvc,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 575, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.770.
D. K. Djami, F. L. Witi, and A. Mude, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sparepart dan Jasa Servis Motor,” SATESI J. Sains Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 49–54, 2021, doi: 10.54259/satesi.v1i2.93.
A. Hartanto and B. cahya Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Suku Cadang Dan Service Pada Iyan Motor Berbasis Object Oriented,” J. IDEALIS, vol. 1, no. 1, pp. 178–184, 2018, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1121
K. Wijaya and R. izki T. Prasetio, “Analisa dan Penerapan Sistem Informasi Penjualan Sparepart pada Bengkel JSL Majalaya,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 164–168, 2021, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/380
D. Marsudi, A. Mufti, and M. Lestari, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Sparepart pada Toko Kim Jaya Motor,” J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 1, no. 03, pp. 376–383, 2020, doi: 10.30998/jrami.v1i03.382.
S. W. C. Ngangi, C. A. J. Soewoeh, E. Alfonsius, D. Lapihu, and I. G. N. A. Putra, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Berbasis Website (Studi Kasus Pada Bengkel Motorindo),” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 1, no. 2, pp. 75–83, 2023.
D. Sofia, Z. Hakim, and M. R. Ramadhan, “Sistem Informasi Penjualan Sparepart Custom Berbasis Web Sebagai Sarana Promosi dan Transaksi Studi Kasus Bengkel Arfa Custom,” J. Tren Bisnis Glob., vol. 1, no. 2, pp. 57–61, 2021, doi: 10.38101/jtbg.v1i2.419.
N. Octaviana and L. Fajarita, “Pemodelan Sistem Informasi Penjualan Sparepart Dan Jasa Service Motor Berbasis Desktop Pada Bumen Jaya Motor,” J. Idealis, vol. 1, no. 1, pp. 93–98, 2018.
L. Febriyanti, M. R. Pahlevi. B, and E. Rohaini, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Sparepart Dan Jasa Service Pada Bengkel Elsya Midya Motor,” J. Manaj. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 110–119, 2022, doi: 10.33998/jms.2022.2.1.52.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0