Penerapan Metode UCD dan HCI Pada Aplikasi Pelayanan Kesehatan di UPT Puskesmas Gema
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v4i2.897Keywords:
Pelayanan, Antrian, QR-Code, iHealth, SmartphoneAbstract
Antrian di puskesmas menjadi salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Antrian yang panjang dapat membuat pasien merasa tidak nyaman dan membuang-buang waktu. Masalah yang dihadapi saat ini adalah Pendaftaran dan antrian di UPT Gema masih dilakukan secara manual, ketika pasien berobat ke puskesmas terlebih dahulu harus menghubungi staf secara langsung ke puskesmas dan mengantri tidak mengetahui kapan giliran pasien dipanggil berobat, sehingga pasien bosan menunggu antrian yang begitu lama. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah UCD dan HCI akan melalui beberapa tahapan yang membentuk sebuah alur yang sistematis. hasil penelitian adalah mempermudah pendaftaran dan antrian di UPT puskesmas gema. Dengan menggunakan aplikasi pelayanan iHealth yang terkomputerisasi web untuk admin dan android untuk user akan membantu efisiensi kinerja staf dalam mengontrol data dan memudahkan pasien yang ingin berobat ke puskesmas hanya dengan mendaftar menggunakan smartphone. Proses pengembangan aplikasi pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Gema dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip UCD dan HCI. Penelitian ini memberikan perhatian besar pada kebutuhan dan preferensi pengguna. Aplikasi berhasil dirancang dengan fokus pada kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Dengan mengintegrasikan teknologi QR code, sistem pendaftaran dan antrian di UPT Puskesmas Gema berhasil ditingkatkan. Penggunaan QR code sebagai identifikasi pasien mempermudah proses pendaftaran dan pengambilan nomor antrian, sehingga mengurangi antrian dan waktu tunggu pasien.
Downloads
References
M. Agarina and A. Suryadi Karim, “Evaluasi User Interface Desain Menggunakan Metode Heuristics Pada Website Sistem Informasi Manajemen Seminar Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Darmajaya Melda,” 2019.
B. Surachmad, H. Yuana, and ma Kholila, “Qr Code Berbasis Android Pada Pt. Mandiri Utama Finance,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 5, no. 2, 2021.
R. R. R. Wasita and A. D. Susanto, “Pengaruh Sistem Antrian Berbasis Quick Responses Code Terhadap Beban Kerja Petugas Loket Pendaftaran Di Rumah Sakit Surya Husadha Denpasar,” Heal. Tadulako J. (Jurnal Kesehat. Tadulako), vol. 8, no. 1, pp. 24–29, 2022, doi: 10.22487/htj.v8i1.485.
R. Amalia and N. Huda, “Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Smart Medica,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 9, no. 3, pp. 332–338, Sep. 2020, doi: 10.32736/sisfokom.v9i3.884.
dan R. J. A. Amelia Puji Maitri Liang, Hadziq Fabroyir, “Pengembangan Antarmuka dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Web Responsif myITS Admission dengan Metodologi User-Centered Design,” J. Tek. ITS, vol. 11, no. 3, pp. 190–195.
E. Noviyanti, A. Christian, and K. Wijaya, “Implementasi Metode UCD (User Centered Design) Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan: Studi Kasus : SMK Negeri 1 Gelumbang,” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 69–77, 2021, doi: 10.47747/jpsii.v2i2.561.
F. Wahyurianto, I. Arwani, and A. A. Soebroto, “Pembangunan Aplikasi Informasi Kesehatan Masyarakat Kota Malang Berbasis Mobile Native Android,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 416–425, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
H. Herath, A. Wanniarachchi, and R. Fernando, “Research Direction for Android Based Indoor Navigation Solution for Shopping Malls through Augmented Reality-EasyMap,” pp. 533–540.
N. Eyni Alfia and B. Waseso, “Perancangan Aplikasi Retensi Data Pada Database MySQL (Studi Kasus: PT. Telkomsigma),” 2020. [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi/364
M. Rifai and M. Akbar, “Implementasi Metode User Centered Design (UCD) Pada Pembangunan Sistem Penyediaan Obat Berbasis Android”, JPSII, vol. 1, no. 4, pp. 197-208, Nov. 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0