Analisis Kepuasan Pengguna Jaringan Internet Pada Kemenag Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v4i3.872Keywords:
Kepuasan, Pengguna, Internet, Jaringan, QosAbstract
Kementrian Agama Pekanbaru (Kemenag) adalah organisasi vertikal di bawah naungan Kementrian Agama Provinsi Riau. Banyak kegiatan yang ada pada Kantor Kementrian Agama Pekanbaru menggunakan komputer yang terhubung ke jaringan internet.. Untuk mendukung peranan penting dalam berbagai bidang kemenag telah menerapkan sistem jaringan WLAN, WLAN yaitu merupakan suatu jaringan yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi dan pertukaran data antara komputer satu dan yang lainnya tanpa kabel. Untuk mengetahui seberapa besar kualitas jaringan WLAN Kemenag maka perlu dilakukan pengukuran dan analisis pada parameter kinerja jaringan yang terdiri dari Wireshark dan SPSS. Untuk itu, maka perlu dilakukan analisis tingkat kepuasan jaringan internet guna untuk mengetahui seberapa layak jaringan internet yang disediakan. Dengan demikian maka tingkat kepuasan jaringan internet sangatlah dibutuhkan demi kelancaran dalam melakukan komunikasi ataupun pengiriman paket data dari komputer satu ke komputer lainnya sehingga dapat membantu para penggunanya dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.Downloads
References
S. A. Armono, “Analisis Quality of Signal Wifi (QSW) pada Jaringan Hotspot RT/RW Berdasarkan Jenis Halangan dan Lokasi,” 2013.
R. L. Oliver, “A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions,” J. Mark. Res., vol. 17, no. 4, pp. 460–469, 1980, doi: 10.1177/002224378001700405.
H. P. Utomo, “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Pelayanan, dan Ketersediaan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket Alfamart dan Galaxy Cabang NEPENBOYOLALI,” 2015.
B. Sugiantoro and Y. B. Mahardhika, “Analisis Quality Of Service Jaringan Wireless Sukanet Wifi Di Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Sunan Kalijaga,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 191–201, 2017.
Mardoni and Widya Cholil, “Evaluasi Kualitas dan Pengguna Jaringan Internet pada Kantor Balai Bahas Sumatera Selatan Menggunakan (iPerF Tool) dengan Metode Action,” Article, pp. 154–163, 2021.
F. I. Anuar, N. Masri, and A. Yulia, “Influence of Wi-Fi service quality towards tourists ’ satisfaction and dissemination of tourism experience,” no. October, pp. 383–398, 2017.
S. Rizq, M. D. Djamaludin, and Y. Nurhadryani, “Analysis of Service Quality Satisfaction of E-Ktp Service At Public Administration and Civil Registration Office of Bogor District,” J. Consum. Sci., vol. 3, no. 2, p. 55, 2018, doi: 10.29244/jcs.3.2.55-65.
M. Ryan Kamil, F. Arzalega, and A. Sani, “JBPI-Jurnal Bidang Penelitian Informatika Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional Analisis Kualitas Layanan Jaringan Internet Wifi PT.XYZ dengan Metode QoS (Quality of Service),” pp. 77–88, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpi
M. K. Umam and dan L. B. Handoko, “Analisis Kinerja Jaringan WLAN Mmenggunakan Metode Action Researce Pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pemalang,” UDiNus Repos., p. 2, 2015, [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/16922
I. Juarsa and Hutrianto, “Evaluasi Kualitas Jaringan Internet Pada Kantor Subdit III Jatanras Polda Sumatera Selatan Menggunakan Metode Action Research,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 4, no. 1, pp. 57–67, 2023.
F. L. Witi and A. Mude, “Analisis Jaringan Intranet Di Universitas Flores Menggunakan Quality Of Service (QoS),” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 8, no. 1, pp. 7–12, 2020, doi: 10.33884/cbis.v8i1.1797.
R. B. Jimanto, D. Yohanes, S. Kunto, and S. Si, “Pengaruh Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Ritel Bioskop the Premiere Surabaya,” J. Manaj. Pemasar. Petra, vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2014.
I. B. A. E. M. Putra, M. S. I. D. Adnyana, and L. Jasa, “Analisis Quality of Service Pada Jaringan Komputer,”
Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 20, no. 1, p. 95, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i01.p11.
A. Harbani, “Pengukuran Kualitas Layanan Jaringan Internet Menggunakan QOS (Quality of Service) Di Sekolah Menengah Kejuruan,” Teknois J. Ilm. Teknol. Inf. dan Sains, vol. 6, no. 2, pp. 48–53, 2019, doi: 10.36350/jbs.v6i2.40.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0