Efektivitas Pembelajaran Materi Berbasis Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint Pada Mata Pelajaran Desain Grafis
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v4i3.856Keywords:
Macromedia Flash, Microsoft PowerPoint, Desain Grafis, Hasil BelajarAbstract
Pada era digital ini, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi sangat penting, terutama dalam mata pelajaran desain grafis yang menitikberatkan materi visual. Bentuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran antara lain program Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint yang dimanfaatkan oleh kelas XI Multimedia SMKN 1 Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan serta mengevaluasi efektivitas penggunaan Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia SMKN 1 Lumajang. Penelitian ini memanfaatkan metode eksperimen dengan desain quasi-experimental tipe post-test only control group. Sampel penelitian diambil dari dua kelas dengan total 72 siswa menggunakan teknik cluster random sampling dengan instrument berupa soal tes pilihan ganda serta menggunakan aplikasi SPSS untuk melakukan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Macromedia Flash senilai 84.7222 dan Microsoft PowerPoint senilai 77.5000, serta diperoleh nilai t sebesar 3.450 dengan signifikansi 0.001 dari hasil uji t-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi berbasis Macromedia Flash lebih efektif daripada Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran desain grafis.
Downloads
References
M. F. Herman and J. F. Y., “The Development of Multimedia Learning Using Macromedia Flash 8 on PAI Subjects in 8th grades of Junior High School ”, JPTAM, vol. 8, no. 1, pp. 15329–15343, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14559
Amaliyah and S. Evanita, “The Development of Macromedia Flash-Based-Interactive Multimedia for Economics Students of Class X Senior High School”, Atlantis Press., vol. 11, no. 1, pp. 170-174, 2021, doi: https://doi.org/10.2991/aebmr.k.211117.053
Smith, “The Effectiveness of Flash-based Learning Media in Enhancing Students’ Understanding of Science Concepts in Secondary Schools”, J. Sci. Educ., vol. 10, no. 2, pp. 045-056, 2019.
Y. Yulianti, A.Kandriasari and N. Riska, “Effectiveness of Interactive Media Based on Flash Player and Video on Napkin Folding Material”, EUDL., vol. 1, no. 1, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.4108/eai.3-6-2021.2310932
S. Sulaikho, Moh and U. W. Agustina, “Pelatihan PowerPoint sebagai Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru MI Al-Qosimy”, Jumat Informatika., vol. 3, no. 2, pp. 078-082, 2022, doi: https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2850
Jones, “Enhancing Learning Motivation Through PowerPoint in University Mathematics Education”, Int. J. Math. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 112-125, 2017.
Brown, “The Use of Flash-based Learning Media to Improve Understanding of Foreign Language Materials”, J. Lang. Educ., vol. 15, no. 1, pp. 078-089, 2018.
L. Kim, “The Combined Use of Flash and PowerPoint in Enhancing Creativity and Learning Outcomes in High School Art Education”, J. Art. Educ., vol. 20, no. 3, pp. 056-067, 2020.
Ricky et al., “Efektivitas Penggunaan Macromedia Flash Pro 8 Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Pontianak”, JPPK., vol. 12, no. 2, pp. 694-702, 2023, doi: https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v12i2.63284
N. E. Fajarwati et al., “Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPS di Kelas 6 Sekolah Dasar”, PENDAS., vol. 9, no. 1, pp. 000-000, 2024, doi: https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11925
S. F. D. W. Wardhani et al., “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Membaca pada Materi Menguraikan Keragaman Kosakata Kelas 2 Sekolah Dasar”, SEROJA., vol. 2, no. 5, pp. 320–330, 2023, doi: https://doi.org/10.572349/seroja.v2i5.1409
G. Wong, “The Effects of Interactive Multimedia Learning Materials on Students’ Motivation and Learning Performance: A Self-Determination Theory Perspective”, Comput. Educ., vol. 14, no. 7, pp. 103-778, 2020.
Lin and Tsai, “The Effects of Animated Instructional Strategies on Students’ Learning Motivation, Cognitive Load, and Learning Outcomes: A Meta-Analysis”, Educ. Technol. Soc., vol. 21, no. 4, pp. 183-197, 2018.
A. M. I. Puspita, F. Puspitaningsih and K. Y. Diana, “Keefektifan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”, TANGGAP., vol. 1, no. 1, pp. 049-054, 2020.
Liu and Chen, “An Integrated Model for the Effects of Interactive Multimedia Technologies on Student Achievement in Face-to-Face Learning Environments”, Comput. Educ., vol. 9, no. 4, pp. 226-236, 2019.
D. Zhang, L. Zhou, R. O. Briggs and J. F. Nunamaker, “Instructional Video in E-Learning: Assessing the Importance of Interactive Video on Learning Effectiveness”, Inf. Manag., vol. 43, no. 1, pp. 015-027, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0