Penerapan Extreme Programming dan Flutter Dalam Mobile Application Jago Masak Sebagai Sistem Pencarian Resep Masakan
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v4i2.718Keywords:
Aplikasi, Jago Masak, AndroidAbstract
Memasak merupakan seni mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang menggugah selera dan disajikan dengan cara menarik. Banyak aspek kehidupan sehari-hari masyarakat dipengaruhi oleh dunia kuliner. Olahan makanan yang beragam membuat masyarakat ingin memberikan makanan terbaik untuk keluarganya, Dengan menggunakan resep makanan yang tepat, pemasak dan penikmatnya akan menikmati makanan mereka. Resep masakan adalah salah satu panduan yang memuat nama masakan, bahan, bumbu, cara membuat sampai cara menghidangkannya. Seringkali seorang pengolah makanan yang sedang mencari resep, kesulitan menentukan menu apa yang akan dibuat dari bahan yang ada di dapur. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi android untuk memudahkan pemilihan resep masakan. Aplikasi jago masak ini dibuat dengan menggunakan model extreme programming berbasis android, dengan menerapkan flutter. Dimana aplikasi ini dapat digunakan untuk pecinta kuliner yang ingin memasakan masakan Indonesia, western dan jepang. Aplikasi ini juga sudah dilakukan pengujian menggunakan blackbox testing. Dimana semua tombol, fitur dan lain sebagainya telah berfungsi dengan baik.
Downloads
References
N. Yuliantoro, “Pengembangan Ketrampilan dengan Pelatihan Memasak Aneka Hidangan Ikan Gurame kepada Kelompok Ekstra Kurikuler Tata Boga Siswa SMA Permai Pluit Jakarta,” Abdimas Pariwisata, vol. 1, No. 1, pp. 17–25, 2020.
S. Christina, D. Ronaldo and R. M. Zaini, “Aplikasi Resep Masakan Berbasis Android”, Jurnal Saintekom, Vol.11, No. 1, 2021
Q. M. Sholikhah and Asmunin, “Sistem Rekomendasi Resep Makanan Dengan Metode Collaborative Filtering Dan FP-Growth Menggunakan API themealdb.com”, Journal of Informatics and Computer Science, Vol. 02, no. 02, pp 86-93, 2020.
R. Sari, Tursina, and A. S. Sukamto, “Pemilihan Resep Masakan Berdasarkan Ketersediaan Bahan Masakan dengan Metode Simple Matching Coefficient (SMC),” Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika., vol. 5, no. 1, pp. 32–39, 2019.
K. P. Taslima, A. Iskandar and Savitri, “Perancangan Buku Resep Makanan Olahan Aci Sebagai Media Pengenalan Jajanan Khas Sunda dengan Fotografi,” Jurnal ATRAV., vol. 10, pp. 199–206, 2022.
A. R. Rahmawan, C. A. Wicaksana and Alimuddin, “Aplikasi Pendeteksi Makanan Dan Rekomendasi Resep Masakan Khas Indonesia”, Jurnal Ilmiah setrum, Vol. 11, No. 1, 2022.
Rozi, Riska Putri Nurkasanah dan Abdul Hakim, “Aplikasi Kumpulan Praktis Resep Masakan Berbasis Android”, Jurnal Ilmiah Sikomtek, Vol. 12, No. 2, 2022
D. P. Salsabila, R. S. Pradini and N. Rikatsih, “Pengembangan Prototype Aplikasi Resep Dan Menu Makanan Berbasis Android Menggunakan Metode RAD”, Jurnal Informatika, Vol. 7 No.4, pp 465-471, 2023.
Elisawiah Sitompul and Elbert Hutabri, “Peracangan Aplikasi Resep Masakan Tradisional Indonesia Menggunakan Pendekatan Agile Process Dengan Model Extreme Programming Berbasis Android”, Jurnal Comasie, Vol. 9 No. 8, 2023.
K. G. Yulius, S. Jofanka, D. A. Putra dan D. P. Pratama, “Pembuatan Buku Resep Makanan Nusantara Bercitarasa Arab”, Jurnal Sosiologi Indonesia, Vol.3, No.2, 2023.
Y. D. Puspitasari and W. M. Ulum, “Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah,” Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 304–313, 2020,
doi:10.29408/didika.v6i2.2507.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0