Efektivitas Ilusi 3D Animasi Blender Pada Curved Led Billboard (Ab Building Jl. Juanda Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v3i2.514Keywords:
3d, Blender, Illusion, Anamorphic, OOHAbstract
Media periklanan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kreativitas dalam industri periklanan. Salah satu bentuk media periklanan yang menarik perhatian adalah Curved LED Billboard. Teknologi ini memungkinkan tampilan visual yang dinamis dan berkesan. Dalam rangka memaksimalkan potensi media ini, pendekatan ilusi anamorphic dapat diserap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ilusi anamorphic pada Billboard LED sebagai bentuk visualisasi yang menarik dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen desain dengan melakukan uji coba pada berbagai lokasi Billboard LED dengan ilusi anamorphic yang berbeda-beda. Data dikumpulkan melalui observasi dan survei untuk mengukur respon penonton terhadap ilusi anamorphic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ilusi anamorphic pada LED Billboard mampu menarik perhatian penonton dengan tingkat engagement yang tinggi. Penonton menunjukkan ketertarikan dan antusiasme dalam berinteraksi dengan ilusi anamorphic yang ditampilkan. Namun, hasilnya juga menunjukkan bahwa pemilihan lokasi dan perspektif yang tepat merupakan faktor penting dalam keberhasilan penerapan ilusi anamorphic pada Billboard LED. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang visualisasi dan penerapan teknik ilusi anamorphic dalam periklanan dan pemasaran, menarik perhatian, dan meningkatkan efektivitas pesan yang disampaikan melalui LED Billboard.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Sharma, D., Hushain, J., & Kant, K. (2023). The Advantage of Animated Advertisements in Today ’ s Era. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 8. https://doi.org/10.5281/zenodo.7567268
Hasna, R. A., & Ajeeb, M. K. (2016). The design of 3D billboards advertising in Jeddah, Saudi Arabia. International Design Journal, 10(2), 191–199.
Kadry Yassin, A. (2023). Anamorphic Illusion Technology and its Creative Applications in Digital out Door Advertising. In Amira Yassin 21 International Design Journal (Vol. 13, Issue 2).
Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854
Champion, E. M. (2021). Virtual Heritage: A Concise Guide. In Virtual Heritage: A Concise Guide. https://doi.org/10.5334/bck
Wu, K., Chen, R., Fu, X. M., & Liu, L. (2022). Computational Mirror Cup and Saucer Art. ACM Transactions on Graphics, 41(5). https://doi.org/10.1145/3517120
A. A. Damanik, D. F. Asharsinyo, dan T. M. Raja, “Perancangan Interior Hotel Butik Kota Bandung Dengan Pendekatan Psikologi Ruang,” e-Proceeding Art Des. Vol.8, No.4, vol. 8, no. 4, hal. 1642–1653, 2021, [Daring].Tersediapada:https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16287
H. Herman, “Evaluasi Kelayakan PeneraganBillboard Di Jalan R.Soekamto Jembatan Penyeberanagn Orang (JPO) Di Depan PTC Mall Palembang,” J. Surya Energy, vol. 5, no. 2, hal. 67, 2022, doi: 10.32502/jse.v5i2.3098.
R. A. Simanjuntak dan Deli, “Studi Penerapan Animasi Dan Motion Graphic Dalam,” J. UIB, vol. 1, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1471
H. R. Maulana, E. Utami, dan H. Al Fatta, “Penerapan Teknik Motion Graphic Pada Digital Out of Home Advertising Untuk Template Videotron,” Inf. Interaktif, vol. 3, no. 2, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/796%0Ahttps://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/viewFile/796/526
P. W. Yuhanto dan A. S. Miyosa, “Implementasi Augmented Reality (Ar) Untuk Memvisualisasikan Portofolio Pemodelan 3D,” J. Nawala Vis., vol. 4, no. 1, hal. 1–10, 2022, doi: 10.35886/nawalavisual.v4i1.337.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0