Efektivitas Ilusi 3D Animasi Blender Pada Curved Led Billboard (Ab Building Jl. Juanda Pekanbaru)

Authors

  • Raka Pradhana Universitas Abdurrab
  • Debi Setiawan Universitas Abdurrab
  • Liza Trisnawati Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jekin.v3i2.514

Keywords:

3d, Blender, Illusion, Anamorphic, OOH

Abstract

Media periklanan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kreativitas dalam industri periklanan. Salah satu bentuk media periklanan yang menarik perhatian adalah Curved LED Billboard. Teknologi ini memungkinkan tampilan visual yang dinamis dan berkesan. Dalam rangka memaksimalkan potensi media ini, pendekatan ilusi anamorphic dapat diserap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ilusi anamorphic pada Billboard LED sebagai bentuk visualisasi yang menarik dan inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen desain dengan melakukan uji coba pada berbagai lokasi Billboard LED dengan ilusi anamorphic yang berbeda-beda. Data dikumpulkan melalui observasi dan survei untuk mengukur respon penonton terhadap ilusi anamorphic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ilusi anamorphic pada LED Billboard mampu menarik perhatian penonton dengan tingkat engagement yang tinggi. Penonton menunjukkan ketertarikan dan antusiasme dalam berinteraksi dengan ilusi anamorphic yang ditampilkan. Namun, hasilnya juga menunjukkan bahwa pemilihan lokasi dan perspektif yang tepat merupakan faktor penting dalam keberhasilan penerapan ilusi anamorphic pada Billboard LED. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang visualisasi dan penerapan teknik ilusi anamorphic dalam periklanan dan pemasaran, menarik perhatian, dan meningkatkan efektivitas pesan yang disampaikan melalui LED Billboard.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Sharma, D., Hushain, J., & Kant, K. (2023). The Advantage of Animated Advertisements in Today ’ s Era. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 8. https://doi.org/10.5281/zenodo.7567268

Hasna, R. A., & Ajeeb, M. K. (2016). The design of 3D billboards advertising in Jeddah, Saudi Arabia. International Design Journal, 10(2), 191–199.

Kadry Yassin, A. (2023). Anamorphic Illusion Technology and its Creative Applications in Digital out Door Advertising. In Amira Yassin 21 International Design Journal (Vol. 13, Issue 2).

Cahyani, I. R. (2020). Pemanfaatan Media Animasi 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854

Champion, E. M. (2021). Virtual Heritage: A Concise Guide. In Virtual Heritage: A Concise Guide. https://doi.org/10.5334/bck

Wu, K., Chen, R., Fu, X. M., & Liu, L. (2022). Computational Mirror Cup and Saucer Art. ACM Transactions on Graphics, 41(5). https://doi.org/10.1145/3517120

A. A. Damanik, D. F. Asharsinyo, dan T. M. Raja, “Perancangan Interior Hotel Butik Kota Bandung Dengan Pendekatan Psikologi Ruang,” e-Proceeding Art Des. Vol.8, No.4, vol. 8, no. 4, hal. 1642–1653, 2021, [Daring].Tersediapada:https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16287

H. Herman, “Evaluasi Kelayakan PeneraganBillboard Di Jalan R.Soekamto Jembatan Penyeberanagn Orang (JPO) Di Depan PTC Mall Palembang,” J. Surya Energy, vol. 5, no. 2, hal. 67, 2022, doi: 10.32502/jse.v5i2.3098.

R. A. Simanjuntak dan Deli, “Studi Penerapan Animasi Dan Motion Graphic Dalam,” J. UIB, vol. 1, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1471

H. R. Maulana, E. Utami, dan H. Al Fatta, “Penerapan Teknik Motion Graphic Pada Digital Out of Home Advertising Untuk Template Videotron,” Inf. Interaktif, vol. 3, no. 2, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/796%0Ahttps://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/viewFile/796/526

P. W. Yuhanto dan A. S. Miyosa, “Implementasi Augmented Reality (Ar) Untuk Memvisualisasikan Portofolio Pemodelan 3D,” J. Nawala Vis., vol. 4, no. 1, hal. 1–10, 2022, doi: 10.35886/nawalavisual.v4i1.337.

Downloads

Published

2023-11-06

Issue

Section

Articles