Sistem Tanya Jawab Berbasis Artificial Intelligence untuk Akses Informasi RANPERDA di Kabupaten Kampar

Authors

  • Budi Arham Universitas Persada Bunda Indonesia
  • Sukasih Universitas Persada Bunda Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58794/jekin.v5i2.1632

Keywords:

RANPERDA, Artificial Intelligence, Chatbot, Local Government, LangChain, Kampar

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) membuka peluang baru dalam transparansi, diseminasi informasi, dan pelayanan publik di sektor pemerintahan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan prototipe sistem tanya jawab berbasis artificial intelligence yang mampu menjawab pertanyaan terkait Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) Kabupaten Kampar secara interaktif dan informatif. Sistem ini dibangun dengan memanfaatkan pendekatan Retrieval-Augmented Generation (RAG), di mana dokumen resmi seperti draf RANPERDA, laporan realisasi anggaran, dan lampiran keuangan diolah menjadi basis pengetahuan yang dapat ditelusuri secara semantik. Proses ekstraksi, pembagian teks (chunking), embedding, dan indexing dilakukan menggunakan pustaka LangChain dan model LLM (Large Language Model) dari OpenAI. Antarmuka pengguna dirancang dengan teknologi React dan Tailwind CSS untuk memberikan pengalaman tanya-jawab yang intuitif kepada pengguna DPRD, OPD, maupun masyarakat umum. Hasil pengujian awal menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan jawaban kontekstual berdasarkan pasal, bab, atau lampiran yang relevan, dengan respons yang cepat dan akurat. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan AI pada pengelolaan dokumen hukum daerah dapat meningkatkan aksesibilitas informasi publik, memperkuat peran pengawasan legislatif, serta mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih terbuka dan adaptif terhadap teknologi. Evaluasi sistem dilakukan menggunakan metrik F1-score, exact match, serta validasi manual oleh pengguna terhadap 10 pertanyaan yang diajukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. F. Zain, “Penerapan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembuatan Soal Kuis Di Aplikasi Andaliman Berbasis Learning Management System (LMS) MOODLE,” Wawasan J. Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, vol. 5, no. 2, pp. 160–173, 2024, doi: 10.53800/8hc6dx24.

R. Ika Mustika et al., “Penerapan Artificial Intelegence Supersense Berbasis Smartphone Android Terhadap Kemampuan Membaca Mahasiswa Tunanetra,” Aksara, vol. 36, no. 1, pp. 163–177, 2024.

S. Fitri Ayu and P. Puspasari, “the Future of Democracy in Indonesia: the Use of Artificial Intelligence (Ai) for Safe and Integrity Elections,” J. Masy. Indones., vol. 50, no. 1, pp. 109–127, 2024, doi: 10.55981/jmi.2024.8696.

M. Erlangga Fauzi and Tata Sutabri, “PublicTalk: Sistem Chatbot Pintar Berbasis Natural Language Processing untuk Layanan Pemerintahan Digital,” J. Sains Student Res., vol. 3, no. 2, pp. 426–433, 2025, doi: 10.61722/jssr.v3i2.4325.

S. Winardi, A. W. Soejono, and D. Sari, “Analisis Sentimen Pada ChatGPT Menggunakan Algoritma Long Short Term Memory ( LSTM ),” Pros. Semin. Nas. Univ. Respati Yogyakarta, vol. 6, no. 1, pp. 231–239, 2024.

L. R. Hidayat, I. G. P. S. Wijaya, and R. Dwiyansaputra, “Optimalisasi Layanan Sistem Informasi Mahasiswa Dengan Integrasi Telegram : Chatbot Retrieval-Augmented-Generation Berbasis Large Language Model,” J. Teknol. Informasi, Komputer, dan Apl. (JTIKA ), vol. 7, no. 1, pp. 121–131, 2025, doi: 10.29303/jtika.v7i1.459.

N. Rahman, N. S. Harahap, and M. Affandes, “Implementasi Langchain dan Large Language Models Dalam Automatic Question Generation Untuk Computer Assisted Test,” Bull. Comput. Sci. Res., vol. 5, no. 4, pp. 434–446, 2025, doi: 10.47065/bulletincsr.v5i4.558.

R. Ahadi, N. Safaat Harahap, M. Fikry, and F. Kurnia, “Retrieval-Augmented Generation in a Web-Based Question Answering System for Fiqh Books,” J. Artif. Intell. Softw. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 626–635, 2025, doi: 10.30811/jaise.v5i2.7005.

A. Dita Setiawan and S. Ayuna Putri, “Implementasi Sistem E-Court Dalam Penegakan Hukum Di Pengadilan Negeri the Implementation of E-Court System in Law Enforcement in District Court,” J. Poros Huk. Padjadjaram, vol. 2, no. 2, pp. 198–217, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.23920/jphp

P. T. Wijayanti and D. B. Kharisma, “Web Scraping dalam Aplikasi ChatGPT oleh Chatbot Berbasis Artificial Intelligence Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta,” Souvereignty, vol. 3, no. 2, pp. 114–121, 2024, [Online]. Available: https://botpress.com/id/blog/does-chatgpt-

A. Oktaviani, L. Magdalena, M. Hatta, and I. Susanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pidana Denda Pelanggaran Lalu Lintas Menggunakan Rule Base Experts Pada Pengadilan Negeri Cirebon,” J. Digit, vol. 13, no. 2, p. 201, 2023, doi: 10.51920/jd.v13i2.355.

G. A. Putra, V. Taniady, and I. M. Halmadiningrat, “Tantangan Hukum: Keakuratan Informasi Layanan Ai Chatbot Dan Pelindungan Hukum Terhadap Penggunanya,” J. Rechts Vinding, vol. 12, no. 2, pp. 281–299, 2023.

H. Daniel, R. Sarwono, A. B. Gunawan, and B. Pratama, “Arsitektur Sistem Chatbot untuk Penyelesaian Sengketa Daring pada Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 20, no. 1, pp. 270–277, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/19945

S. Elysia, D. Persada, and J. alan Taman Malaka Selatan No, “JURNAL TIFDA Technology Information and Data Analytic Chatbot Berbasis Retrieval Augmented Generation (RAG) untuk Peningkatan Layanan Informasi Sekolah,” J. Tifda, vol. 1, no. 2, pp. 52–58, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.70491/tifda.v1i2.52

T. Wahyudi, “Studi Kasus Pengembangan dan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 1, pp. 28–32, 2023, doi: 10.31294/ijse.v9i1.15631.

F. A. Furfari(tony), “The Transformer,” IEEE Ind. Appl. Mag., vol. 8, no. 1, pp. 8–15, 2017, doi: 10.1109/2943.974352.

Aji Bayu Permadi, Nazruddin Safaat H, Lestari Handayani, and Yusra, “Implementasi Question Answering System Tafsir Al-Azhar Menggunakan Langchain Dan Large Language Model Berbasis Chatbot Telegram,” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, vol. 12, no. 1, pp. 62–69, 2024, doi: 10.21063/jtif.2024.v12.1.62-69.

A. Tewari, “LegalPro-BERT: Classification of Legal Provisions by fine-tuning BERT Large Language Model,” 2024, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2404.10097

G. F. Febrian and G. Figueredo, “KemenkeuGPT: Leveraging a Large Language Model on Indonesia’s Government Financial Data and Regulations to Enhance Decision Making,” 2024, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2407.21459

Downloads

Published

2025-08-22

Issue

Section

Articles