Smart Parking And Terminal Management Sistem Retribusi Berbasis Web Di Bakalan Krapyak
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.1316Keywords:
Sistem Informasi, Retribusi, Tiket Parkir, CRMAbstract
– Kantor Terminal Wisata Religi Bakalan Krapyak menghadapi permasalahan dalam pengelolaan administrasi, terutama terkait dengan sistem manual yang digunakan dalam pengelolaan tiket parkir kendaraan dan retribusi ruko. Sistem manual ini mengakibatkan antrean panjang, kesalahan pencatatan pembayaran, dan ketidakefisienan dalam pengelolaan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang dapat mengotomatisasi proses pemesanan tiket parkir dan administrasi retribusi, dengan menerapkan metode Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Solusi yang diajukan meliputi pengembangan fitur pencatatan kendaraan secara elektronik, notifikasi pembayaran otomatis, serta pembuatan laporan digital yang dapat diakses secara real-time. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem ini berhasil mengurangi antrean, meminimalisir kesalahan pencatatan, serta meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pengguna dalam pengelolaan tiket parkir dan administrasi retribusi di Terminal Wisata Religi Bakalan Krapyak.
Downloads
References
Y. S. E. d. A. E. Syaputra, "Implementasi E-CRM Untuk Pemesanan Tiket Travel pada PT. Nice Trans Group," Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 145-154, 2023.
A. P. R. S. T. T. A. N. Chairane, "Manfaat Penggunaan Database Dalam Peningkatanlayanan Perpustakaan UIN Sumatera Utara," JURNAL ILMIAH SAINS TEKNOLOGI DAN INFORMASI, vol. 1, no. 3, pp. 14-19, 2023.
M. N. S. J. Y. S. H. S. Suharsono Bantun, "Sistem Informasi Retribusi Terminal Berbasis Website (Studi Kasus: Terminal Sabilambo)," Informatics Journal , vol. 7, no. 2, pp. 74-84, 2023.
J. L. N. F. R. T. E. Golan Hasan, "Dampak Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kinerja Perusahaan di Tiga Segmen (Keuangan, Pemasaran dan Operasional)," Jurnal Minfo Polgan, vol. 12, no. 2, pp. 453-460, 2023.
N. S. L. Z. d. Amirudin, "Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Objek Wisata Cipanas Subang Berbasis Web Mobile," Jurnal Ilmu Teknik, vol. 5, no. 3, pp. 133-137, 2024.
M. R. A. Lalu Moh. Nurkholis, "Rancang Bangun Sistem Informasi E-Tiket Dan Paket Wisata Dengan Menerapkan Metode Electronic Customer Relationship Management (E-CRM)," Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS), vol. 6, no. 2, pp. 350-358, 2024.
Y. J. Prisilla Aini Surya Morandi, "Sistem Informasi Pemungutan Retribusi Pada Unit Pelaksanaan Teknis Terminal Di Dinas Perhubungan Kota Bandung," Media Informatika, vol. 21, no. 1, 2023.
L. N. d. A. R. Aras, "Sistem Pelayanan Customer Service dan Tiket Checkin PT KAI DAOP 8 Surabayadi Stasiun Gubeng," Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 1, no. 12, pp. 385-389, 2024.
M. N. S. J. Y. S. H. S. Bantun, "Sistem Informasi Retribusi Terminal Berbasis Website (Studi Kasus: Terminal Sabilambo)," Informatics Journal , vol. 7, no. 2, 2023.
A. M. B. A. d. i. Rudianto, "Sistem Informasi Pembayaran Parkir Berbasis Web Dengan Menggunakan Model Waterfall," INTI NUSA MANDIRI , vol. 15, no. 1, 2020.
A. Y. d. N. Yuliani, "Implementasi Aplikasi Siparkir Untuk Kemudahanbooking Parkir Di Era Digital," Jurnal IKRA-ITH TEKNOLOGI , vol. 4, no. 1, 2023.
D. W. Sahuri, "Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Ruko/Kios Pasar Rakyat Pada Kantor Badan Pelayanan Pasar Rakyat Kab. Kuantan Singingi," (JuPerSaTek) Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 21-29, 2023.
Y. K. D. d. I. Sopiandi, "Sistem E-Ticket Parkir Menggunakan QR-Code Berbasis Web," Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) , 2023.
B. S. Adin Noviana, "Strategi Customer Relationship Management “Kios-K” Dalam Meningkatkan Layanan Prima Pt Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta," Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, vol. 3, no. 1, 2023.
L. Natika, "Kinerja Bidang Pengelolaan Pasar Dalam Pengelolaan Pasar Baru Subang," JIA Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UNSUB , vol. 19, 2023.
A. P. S. Yosua Partogi, "Perancangan Metode Decision Tree Terhadap Sistem Perpustakaan Stmik Kuwera," JURNAL SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI ( S I N T E K ), vol. 1, no. 2, 2023.
T. Y. F. O. Affa Sjam, "Pelaksanaan Perjanjian Sewa Menyewa Kios Terminal Muara Bulian Kabupaten Batanghari," Zaaken: Journal of Civil and Bussiness Law, vol. 3, no. 1, pp. 49 - 64, 2023.
M. S. M. Muhammad Fakhziatuddin, "Efektivitas Retribusi Terminal Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah," Syiah Kuala Law Journal, vol. 2, no. 1, pp. 132-151, 2023.
J. S. d. V. Karnadi, "Aplikasi Pendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Lagu Berbasis Android," Jurnal Comasie , vol. 4, no. 6, 2023.
M. d. M. R. Ridho, "Rancang Bangun Sistem Informasi Point Of Sale Dengan Framework Codeigniter Pada CV Powershop," Jurnal Comasie, vol. 4, no. 2, 2024.
H. S. S. N. Roida Sihotang, "Sistem Informasi Penggajian Lkp English Academy Menggunakan Embarcadero Xe2 Berbasis Cliet Server," JTIM (Jurnal Teknik Informatika Mahakarya), vol. 4, no. 1, pp. 28-36, 2023.
E. M. D. S. L. Ni Luh Anik Sudiari Dewi, "Pembangunan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada KSU. Hita Mandiri Sejahtera," JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), vol. 5, no. 3, p. 432 – 436, 2023.
Suwandi, Customer Relationship Management Strategi Pengembangan Pelanggan, Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA, 2023.
R. A. S. L. N. F. T. A. Aldi Mirza Darmawan, "Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan AdministrasiBerbasis Web Pada Wisata Umbul Pelem," SEMINAR NASIONAL CORISINDO, pp. 342-347, 2023.
L. T. A. Y. A. S. N. P. A. Intan Oktaviani, "Perancangan Fitur E-Ticket Berbasis Mobile Dengan Menerapkan Customer Relationship Managementberdasarkan Metode User Centered Design," Duta.com, vol. 9, no. 2, pp. 68-77, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0