Sistem Informasi Perawatan Luka Diabetes Dan Monitoring Kepuasan Pasien Dengan Pendekatan CRM Berbasis Web Dan Notifikasi Whatsapp Di Klinik Pati

Authors

  • Rika Santi Universitas Muria Kudus
  • Arif Setiawan Universitas Muria Kudus
  • Diana Laily Fithri Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.1304

Keywords:

CRM (Customer Relationship Management), Klinik Rawat Luka Diabetes, Layanan Perawatan Luka, Pengelolaan Data Pasien, Sistem Informasi Manajemen

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Perawatan Luka (SILUKA) berbasis web untuk Klinik Rawat Luka Diabetes Pati. Masalah utama yang dihadapi adalah kesulitan dalam pengelolaan data pasien, riwayat perawatan, serta jadwal layanan perawatan luka yang kurang efisien. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem berbasis web yang dapat mempermudah pengelolaan data dan meningkatkan interaksi dengan pasien. Solusi yang diterapkan mencakup penggunaan metode Customer Relationship Management (CRM) untuk memantau dan meningkatkan kepuasan pasien melalui analisis umpan balik dan interaksi yang lebih baik. Fitur tambahan berupa notifikasi otomatis melalui WhatsApp digunakan untuk mengingatkan pasien tentang jadwal perawatan, konfirmasi janji temu, dan survei kepuasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan klinik, memperkuat hubungan dengan pasien, serta meningkatkan efisiensi komunikasi antara klinik dan pasien. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah pendekatan berbasis web dengan integrasi CRM dan notifikasi otomatis. Hasil dari pengembangan sistem ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi pengelolaan data, kepuasan pasien, serta komunikasi yang lebih efektif, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan klinik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. S. N. &. S. R. A. Irawati, "Pengembangan Sistem Informasi Perawatan Luka di Praktik Mandiri Pedis Care Malang berbasis Web," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, 2019.

N. S. V. &. P. J. A. Nurdila, "Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan untuk Manajemen Data Pasien dan Perawatan yang Lebih Baik," Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 7, no. 1, p. 333–336, 2024.

H. S. &. R. S. Purnama, "Review Sistematik: Proses Penyembuhan Dan Perawatan Luka," Farmaka, vol. 15, no. 2, p. 251–257, 2017.

E. R. &. N. J. Simarmata, " Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pasien Menggunakan Konsep CRM Pada Pada Klinik Nusantara," Jurnal TIMES, vol. 8, no. 1, p. 19–28, 2020.

A. H. T. S. A. S. S. Y. A. T. &. A. S. R. Ibrahim, "Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Apotek Mega Mulia," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, p. 256, 2021.

H. L. N. Y. A. S. N. &. I. M. Noor, "Peningkatan Pengetahuan tentang Customer Relationship Manajemen (CRM) Tim Pemasaran Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo," Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 4, pp. 79-85, 2023.

Y. D. D. Y. K. E. E. S. Walternus Nggeta Wawo, "Sistem Informasi E-Learning Pada SMKN 1 Nangaroro Menggunakan Metode Unified Modelling Language (Uml)," Jurnal JUPITER, vol. 15, no. 1, pp. 165-174, 2023.

K. M. S. M. Intan Oktaviani, "Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Pada Klinik Pratama Dengan Metode CRM," Jurnal Elektronika, Listrik dan Teknologi Informasi Terapan , vol. 2, no. 1, pp. 14-20, 2023.

W. S. D. C. S. Riski Annisa, "Sistem Informasi Pelayanan Perawatan Pasien Berbasis Web Pada Klinik Cahaya Ibu," JSI : Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), vol. 15, no. 1, 2023.

F. m. S. P. Dwi Saputra Mokoagow, "Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dalam Meningkatkan Efisiensi : Mini Literature Review," Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 10, pp. 4290-4307, 2024.

B. W. A. T. M. A. A. Y. D. R. F. Mauldy Laya, "Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Lingkungan Kota Depok," Abdimas Galuh, vol. 6, no. 1, pp. 241-252 , 2024.

S. d. R. Nurmalina, "Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut)," Jurnal Integrasi, vol. 9, no. 1, pp. 84-91, 2017.

R. A. S. B. J. Y. S. Selviana Nengsi, "Sistem Informasi Layanan Rekam Medis pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Budi Medika Daerah Kabupaten Kolaka," PROSIDING SEMINAR NASIONAL PEMANFAATAN SAINS DAN TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 1, no. 1, pp. 377-382, 2023.

A. D. E. D. R. Jose Nelson Maria Vidigal, "Sistem Informasi Keperawatan Untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien: Scooping Review," jurnal unikastpaulus, vol. 1, no. 2, 2024.

N. AINUN, "Rancang Bangun Sistem Monitoring Kepuasaan Pelayanan Di Rsud Siti Fatimah Berbasis Website," KEMENTERIAN PENDIDIKAN KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI, Palembang, 2023.

H. T. D. C. A. N. Naufal Dzaky, "Perancangan User Experience Aplikasi Manajemen Pendaftaran Pasien Berbasis Mobile Pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 4, 2025.

A. H. B. F. A. Muhammad Yusuf Saputra, "Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Klinik berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Ortho Dental Malang)," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , vol. 7, no. 2, pp. 892-899, 2023.

T. S. H. H. H. Harwina, "Pemanfaatan Teknologi Berbasis Mobile Pada Pencatatan Tindakan Keperawatan: Literature Review," Cendekia Medika : Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja, vol. 9, no. 1, 2024.

n. S. d. H. Budianto, "Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Sebagai Upaya Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Gelora Mukti Sport Berbasis Web," JURNAL NUANSA INFORMATIKA, vol. 13, no. 2, pp. 11-19, 2019.

E. C. K. A. A. M. Siti Abidah, "Model Aplikasi Pelayanan Berobat Pada Pusat Kesehatan Masyarakat," Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2023.

A. K. S. Irda Sari, "Analisis Implementasi Rekam Medis Elektronik Di Rumah Sakit Radjak Hospital Group," EDU RMIK Journal , vol. 3, no. 2, 2024.

D. I. R. A. S. M. W. A. Dimas Assyakurrohim, "Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif," Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 3, no. 1, 2023.

M. Q. K. Heru Setiawan, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek : Sistem Informasi Kontraktor," JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, vol. 5, no. 2, 2023.

W. H. Audra Alessandra Wiennata, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening," 2023.

D. I. R. A. S. M. W. A. Dimas Assyakurrohim, "Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif," Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, vol. 3, no. 1, pp. 1-9, 2023.

Downloads

Published

2025-02-18

Issue

Section

Articles