Gamifikasi Dan Virtual Try-On Di Sistem Penjualan Branded Murah Kudus Untuk Meningkatkan Pengalaman Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.1302Keywords:
Gamifikasi, Sistem Informasi, Virtual Try On, Sistem Informasi PenjualanAbstract
Branded Murah Kudus adalah toko pakaian yang melayani penjualan baik offline maupun online. Namun, dalam proses bisnisnya, pengelolaan data masih dilakukan secara manual dan pemasaran terbatas pada WhatsApp, yang menghambat pemanfaatan potensi media sosial untuk memperluas pasar dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi penjualan dengan pendekatan gamification, yang melibatkan elemen point, badges, leaderboard, dan reward, serta fitur virtual try-on. Sistem ini dirancang untuk mengatasi masalah pemasaran dan penjualan dengan meningkatkan daya tarik dan loyalitas pelanggan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) dan perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini memudahkan transaksi penjualan dan memberikan pengalaman berbelanja yang menarik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Downloads
References
I. J. A. B. Y. Fharhan Ali, "Perancangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Pakaian Jalsiast," Jurnal Widya, vol. 3, no. 1, pp. 15-31, 2022.
M. F. d. P. Handayani, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pakaian Berbasis Web Pada CV. Cahaya Baru Jakarta," Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 7, no. 1, pp. 100-111, 2024.
E. S. S. Faris Aditya, "Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Pada UMKM Riot Safe Menggunakan Gamification," Journal of Technology and Informatics (JoTI) , vol. 5, no. 1, pp. 15-24, 2023.
A. O. S. Norma Ningsih, "Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Event Online Untuk Meningkatkan Pemasaran Digital Berbasis Mobile," JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains), vol. 5, no. 1, pp. 7-12, 2023.
N. S. d. S. Wulandari, "Implementasi Media Promosi Katalog Baju yang Lebih Interaktif Menggunakan Aplikasi Augmented Reality," Reslaj: Religion Education Social Laa Raiba Journal, vol. 6, no. 4, pp. 1991-2006, 2024.
K. A. d. E. Nuryani, "Sistem Informasi Administrasi Pembayaranberbasis Aplikasi Web Studi Kasus Pada Smk Al-Wahdah Citeras Serang-Banten," Jurnal SIMIKA, vol. 3, no. 2, pp. 16-26, 2020.
M. Waruwu, "Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan," Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 9, no. 2, p. 1220 – 1230, 2024.
N. A. F. P. Prio Utomo, "Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan," Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, vol. 1, no. 4, pp. 1-19 , 2024.
S. S. P. H. Nidia Aisyiyah, "Mobile Augmented Reality (MAR) Berbasis Marker Sebagai Media Simulasi Jilbab Virtual," TRANSFORMTIKA, vol. 16, no. 2, pp. 290-297, 2019.
D. H. Z. Kiagus Muhammad Azhari, "Sistem Informasi Arsip Surat Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) di IAIQ Al-Ittifaqiah," Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan,, vol. 5, pp. 142-155, 2022.
G. D. A. M. A. A. M. I. B. W. M. N. F. M. E. M. K. Arief Selay, "Sistem Informasi Penjualan," Karimah Tauhid, vol. 2, no. 1, pp. 232-237, 2023.
Z. D. V. d. K. N. Aliyah, "Pengaruh Fitur Virtual Try-On, Online Customer Review, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Pada Aplikasi Shopee," Journal of Economics and Business Research , vol. 2, no. 2, pp. 214-226, 2023.
R. Abdulloh, 7 In 1 Pemrogramman Web Untuk Pemula, PORTAL: ElexMedia.id, 2023.
B. Unhelkar, Software Engineering with UML, CRC Press, 2023.
M. Budi Hartono, Cara Mudah dan Cepat Belajar Pengembangan Sistem Informasi, Semarang: YAYASAN PRIMA AGUS TEKNIK, 2023.
W. S. R. Enok Rohayati, "Pembelajaran Shorof menggunakan Buku Al-Maqsud dengan Metode Istiqraiyyah," Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, vol. 8, no. 1, 2024.
M. D. I. A. P. U. Mahzuro Supianti P, "Implementasi RAD (Rapid Application Development) dan Uji Black Box padaAdministrasi E-Arsip," Jurnal Teknik Informatika, vol. 1, no. 2, pp. 60-71, 2022.
F. S. Rusydi A.Siroj, "Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data," Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 7, no. 3, 2024.
M. W. I. M. W. A. Wiyanda Vera Nurfajriani, "Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif," Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 17, pp. 826-833, 2024.
M. D. I. A. P. U. Mahzuro Supianti P, "Implementasi RAD (Rapid Application Development) dan Uji Black Box pada Administrasi E-Arsip," JURNAL TEKNIK INFORMATIKA , vol. 1, no. 2, 2023.
E. H. K. S.-H. L. Y. J. J. Hyunwoo Hwangbo, "Effects of 3D Virtual “Try-On” on Online Sales and Customers’ Purchasing Experiences," Preparation of Papers for IEEE Access, 2023.
K. A. d. E. Nuryani, "Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Berbasis Aplikasi Web Studi Kasus Pada Smk Al-Wahdah Citeras Serang-Banten," Jurnal SIMIKA, vol. 3, no. 2, 2023.
R. A. S. d. M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2023.
S. A. Matilde Milanesi, "Let’s play! Gamiication as a marketing tool to deliver a digital luxury experience," Electronic Commerce Research, vol. 23, p. 2135–2152, 2023.
E. A. M. L. A. V. M. Rizka Hafsari, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus Pt. Riau Pos Intermedia)," Jurnal PROSISKO, vol. 11, no. 1, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0