Implementasi Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Pemesanan Sewa-Beli Produk Feno.Florist Menggunakan Upsell And Cross-Sell Rate Sebagai Indikator Penawaran Promo
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.1291Keywords:
Cross-Selling, Customer Relationship Management (CRM), Pemesanan Sewa-Beli,, Sistem Informasi , UpsellingAbstract
Abstrak - Feno.florist, sebuah bisnis di sektor jasa toko bunga dan kerajinan, menghadapi tantangan dalam mengelola pesanan produk dan ketersediaan papan bunga secara manual, sehingga meningkatkan risiko kesalahan dan pemesanan berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pemesanan layanan sewa-beli berbasis Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan efisiensi operasional dan loyalitas pelanggan dengan mengintegrasikan seluruh proses bisnis. Sistem ini menggabungkan strategi upselling dan cross-selling sebagai indikator promosi untuk meningkatkan penjualan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi, sedangkan pengembangan sistem menggunakan metode prototype. Sistem dirancang menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem informasi yang dikembangkan secara efektif mengelola data pesanan, inventaris, transaksi, dan promosi, sehingga mengurangi kesalahan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Downloads
References
M. F. F. N. U. U. Y. P. Tommy Saputra, "Implementasi CRM dengan Metode Crosselling dan Upselling Berbasis Web untuk Peningkatan Penyewaan Mobil pada Cahaya Rental Mobil," -Jurnal Ilmu Komputer, vol. 5, no. 2, 2024.
M. A. R. N. M. Nabiilah, "Implementasi Association Rule Untuk Rekomendasi Strategi Up-Selling dan CrossSelling Produk Menggunakan FP-Growth," Indonesian Journal of Computer Science , vol. 13, no. 3, 2024.
P. J. A. N. Savira Salsabila, "Perancangan Sistem Informasi Berbasis Website Pada UMKM HY," Jurnal Pemberdayaan : Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat , vol. 2, no. 1, pp. 42-52, 2023.
D. S. M. S. Indah Kusuma Dewi, "Penerapan CRM Berbasis Web Pada Toko Bunga Village Flower," JURSIMA Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen , vol. 9, no. 2, 2023.
R. M. F. d. A. Ibrahim, "Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Website Dengan Menggunakan Strategi Up-Selling," JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 7, no. 1, pp. 85-96 , 2023.
M. A. L. F. D. E. R. Tri Darma Rosmalasari, "Pengembangan E-Marketing Sebagai Sistem Informasi Layanan Pelanggan Pada Mega Florist Bandar Lampung," Journal of Social and Technology for Community Service (JSTCS), vol. 1, no. 1, pp. 1-32, 2020.
D. S. L. d. I. Surya, "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Pemesananbunga Berbasis Website (Toko Etriyan Florist)," 9th Applied Business and Engineering Conference, pp. 248-256, 2021.
L. R. Y. W. Angelina Ngguwa, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Bunga Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter Pada Toko Liez Florist Purwokerto," Jurnal Kecerdasan Buatan dan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 137-146, 2023.
P. M. K. N. C. W. Real Ananda Kristi, "Perancangan Antarmuka Aplikasi Penyewaan Florist Menggunakan Metode Design Thinking," Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 33-42, 2023.
L. A. E. S. D. N. Erik Kurniadi, "Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Puspita Dekorasi Beber Kabupaten Cirebon," Logika : Jurnal Penelitian Universitas Kuningan, vol. 14, no. 1, pp. 80-91, 2023.
L. A. M. d. A. M. Harahap, "Sistem Informasi Pemesanan Toko Hanza Florist Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Aplikasi Mobile," JURNAL FASILKOM, vol. 14, no. 2, pp. 33-541, 2024.
N. H. d. M. Yasin, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasankonsumen Dalam Membeli Bouquet Bunga Di Toko Nuansa Florist Sumbersari," Jurnal KUBIS Jurnal Kumpulan Artikel Agribisnis , vol. 4, no. 2, pp. 105-114, 2024.
S. A. W. N. V. Fajar Yuris Wijayanto, "Implementasi Web Service Pada Aplikasi Bunga Florist Studi Kasus Philea Florist Bali," JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 7, no. 1, pp. 964-970, 2023.
R. H. D. N. P. Rivaldy Saputra Agus, "Implementasi Customer Relationship Management Dalam Sistem Informasi Pemasaran Dan Penjualan Gula Aren," Jurnal Of System and Information Technology, vol. 3, no. 2, 2023.
B. R. H. d. A. Ahmad, "Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Bunga Papan “Thunder Florist” Di Bandar Lampung," BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, vol. 2, no. 3, pp. 638-644, 2023.
I. W. E. T. K. ,. M. S. Arniwita Sy, "Peran Customer Relationship Manajemen (CRM) dan Kupon Diskon dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, 2023.
A. Y. Siregar, "Implementasi Social Customer Relationship Managementdalam Meningkatkan Promosi Produk," Journal of Data Analytics, Information, and Computer Science(JDAICS), vol. 1, no. 1, pp. 34-41, 2024.
A. d. Sukaris, "Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara," JURNAL MANEKSI, vol. 11, no. 2, 2023.
S. M. Janry Haposan U. P. Simanungkalit, Konsep Dasar Sistem Informasi, Sistem Informasi Kepegawaian, 2023.
I. F. N. D. N. Johar Saputra Irsandi, "Sistem Informasi Pemasaran dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Website menggunakan Metode Waterfall dan Agile," Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 5, no. 4, pp. 346-352, 2021.
Ngguwa, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Bunga Berbasiswebsite Menggunakan Framework Codeigniter," Jurnal Kecerdasan Buatan dan Teknologi Informasi , vol. 2, no. 3, pp. 37-146, 2023.
N. A. d. R. R. Alhempi, "Analisis Kepuasan Konsumen Pt Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru," Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 1, no. 9, 2023.
J. H. P. S. d. M. Sakban, "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar," Jurnal Bisantara Informatika (JBI), vol. 5, no. 2, 2023.
S. T. F. A. F. Dhea Anjeli, "Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 49 OKU Menggunakan Embarcadero XE2 Berbasis Client Server," Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 13, no. 2, p. 57 – 66, 2023.
H. M. d. H. Suryana, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan)," Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 6, no. 2, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0