Penerapan Sistem E-Commerce dan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kewirausahaan Digital

Authors

  • Prestian Ramadhan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Jhon Veri Univeristas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.1109

Keywords:

E-Commerce, Digital Entrepreneurship, Business Innovation

Abstract

Penelitian ini menganalisis penerapan sistem e-commerce dan teknologi informasi dalam meningkatkan kewirausahaan digital melalui pendekatan systematic literature review. Di era digital, e-commerce menjadi sarana penting bagi pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memperluas pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan daya saing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi informasi, seperti pencatatan keuangan digital dan analisis data, mampu mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih akurat. Selain itu, strategi pemasaran digital, termasuk pemanfaatan media sosial, terbukti efektif dalam memperkenalkan produk dan menjalin hubungan dengan pelanggan. Namun, tantangan berupa rendahnya literasi digital dan infrastruktur yang terbatas masih menjadi kendala signifikan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan literasi digital, pengembangan infrastruktur teknologi, serta kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha untuk memaksimalkan manfaat e-commerce. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan strategis bagi pengembangan kewirausahaan digital.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. G. Traver and K. C. Laudon, E - commerce 2020-2021 business.technology.society. 2021.

N. F. Zuhroh and F. A. Pradhani, “Peran Sistem Informasi Dalam Implementasi Digital Marketing: a Systematic Literature Review,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 174–187, 2024, doi: 10.24034/jimbis.v3i2.6690.

E. Setiyawan, “Pemanfaatan E-Commerce Dikalangan Siswa MAN 1 Surakarta Untuk Kegiatan Wirausaha,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Tunas …, vol. 2, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.utp.ac.id/index.php/TM/article/view/2207%0Ahttp://ejournal.utp.ac.id/index.php/TM/article/download/2207/520521526

E. P. Lumban, “Literature Review Faktor-Faktor yang Mempenagruhi E-commerce: Bisnis, Internet dan Teknologi (Literature Review Petilaku Konsumen),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 6, pp. 621–628, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i6

Edison and F. Kurnianingsih, “Penguatan Kewirausahaan Melalui Pendampingan Sistem E-Commerce Pada Desa INFO ARTIKEL INTI SARI,” J. Community Serv., vol. 1, no. 1, p. 27, 2021, [Online]. Available: https://journal.inspire-kepri.org/index.php/JoCS

M. Hasibuan, S. Pane, R. A. Siregar, P. R. Silalahi, U. I. Negeri, and S. Utara, “Strategi Penerapan E-Commerce dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus UMKM pada Ulos Sianipar Medan),” J. Ilm. Mhs. Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 87–93, 2023, [Online]. Available: http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

M. Yusuf, S. Sutrisno, P. A. N. Putri, M. Asir, and P. A. Cakranegara, “Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review,” J. Darma Agung, vol. 30, no. 3, p. 505, 2022, doi: 10.46930/ojsuda.v30i3.2268.

I. Kamil and T. Miranda, “Literature Review Pengaruh E-Commerce Terhadap Umkm Pada Era New Normal,” J. Econ. Digit. Business), vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2024.

Turban, King, Lee, Liang, and C. Turban, Turban_E_King_D_Lee_J_K_Liang_T_P_and_Tu.pdf. 2015.

D. Sudiantini, L. Adelia, L. Prastiwi, L. BR Kembaren, and M. Dwi Saiful Qhozi, “Manajemen Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Sebuah Kinerja UMKM,” SINOMIKA J. Publ. Ilm. Bid. Ekon. dan Akunt., vol. 1, no. 6, pp. 1641–1650, 2023, doi: 10.54443/sinomika.v1i6.902.

M. Nurhayati and S. N. Yanti, “Peran Teknologi Informasi Dalam Transformasi Bisnis Dan Ekonomi,” J. Rev. …, vol. 7, pp. 10008–10012, 2024, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/31500%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/31500/21254

A. Farhan and N. A. F. Roroa, “Strategi Maksimalisasi Teknologi E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis di Era Digital,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 1, pp. 10110–10119, 2024, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9066

B. May Riswati, G. Sukarno, O. Warmana, and Z. Zawawi, “Pelatihan Penerapan Digital Marketing Melalui Media Sosial Instagram dan E-Commerce Pada UMKM Penjaringan Sari,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 880–885, 2024, doi: 10.55338/jpkmn.v5i1.2411.

Mutiara Oktaviani Putri, Ersha Wiriani Safitri, Nadia Fitri Ramadani, and Agustiawan Agustiawan, “Literature Review : Pengaruh Persepsi E-Commerce, Modal Usaha, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Keputusan Berwirausaha,” J. Rimba Ris. Ilmu Manaj. Bisnis dan Akuntansi, vol. 2, no. 2, pp. 254–262, 2024, doi: 10.61132/rimba.v2i2.739.

N. Luh et al., “ARSY : Aplikasi Riset kepada Masyarakat Implementation Of Green Accounting And E-Commerce In Digital-Based Business Management Of Youth Group Lksa B ’ onic Implementasi Green Accounting Dan E- Commerce Dalam Pengelolaan Usaha Berbasis Digital Kelompok Rem,” vol. 5, no. 2, pp. 141–149, 2024.

D. S. Budiarto, A. P. Meylina, and R. E. Diansari, “Pentingnya E-Commerce Dan Sistem Informasi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha,” Wahana J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 26, no. 1, pp. 110–122, 2023, doi: 10.35591/wahana.v26i1.400.

M. Kondoj, H. Langi, Y. Putung, and A. Kumaat, “Model E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Dalam Ekosistem Kewirausahaan Digital di Sulawesi Utara,” Technomedia J., vol. 8, no. 2, pp. 221–234, 2023, doi: 10.33050/tmj.v8i2.2089.

“Title,” Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.

Natasyah and M. I. P. Nasution, “Strategi Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran,” Kohesi J. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 11, pp. 21–30, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1155/

S. Abdul, H. Munabari, and A. U. Hamdani, “Model E-Commerce Berbasis Content Management System Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Parfum Herbal XYZ E-Commerce Model Based On Content Management System To Increase Sales In XYZ Herbal Perfume Store,” no. September, pp. 1777–1786, 2022.

C. M. Maulidina and L. Nafiati, “Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM,” J. Pembelajaran Pemberdaya. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 187–199, 2024, doi: 10.33474/jp2m.v5i1.21506.

B. Diman, P. Studi, A. Bisnis, S. Tinggi, I. Administrasi, and P. Nusantara, “PENGEMBANGAN MEDIA E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKSES PASAR PADA GALERI UMKM WILAYAH KABUPATEN NAGAN RAYA Oleh,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 3, 2022.

M. Z. Abdullah, C. Rahmad, R. Ariyanto, A. P. Kirana, and S. E. Sukmana, “Penerapan E-commerce dan Media Sosial dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Wirausaha Panti Asuhan Abdul Kadir Kurnia,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 2, p. 359, 2023, doi: 10.33633/ja.v6i2.962.

R. Noverdiansyah, A. Khoiriah, V. Kananda, M. Sutoro, and H. Supratikta, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis E-Commerce Terhadap Peningkatan Kualitas dan Kinerja SDM Untuk Meningkatkan Profit UKM di Masa Pandemi,” J. Perad. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 52–55, 2022, doi: 10.55182/jpm.v2i2.158.

N. Ratama, Munawaroh, and S. Mulyati, “Sosialisasi Penggunaan Ecommerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital,” Abdi J. Publ. , vol. 1, no. 1, pp. 6–12, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.portalpublikasi.id/index.php/AJP/index

L. Liswatin, I. Pagala, and W. Raldianingrat, “Sosialisasi Pemanfaatan E-Commerce Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Momea,” Gudang J. …, vol. 1, pp. 32–34, 2023, [Online]. Available: https://gudangjurnal.com/index.php/gjpm/article/view/17%0Ahttps://gudangjurnal.com/index.php/gjpm/article/download/17/32

W. Waziana, R. H. Saputra, N. Y. Sari, K. Kasmi, and D. Aulia, “Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis,” NEAR J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 107–112, 2022, doi: 10.32877/nr.v1i2.433.

R. Arrafidan and S. Samsinar, “Desain Dan Implementasi E-Commerce Dengan Business Model Canvas (BMC) Guna Meningkatkan Penjualan Pada Jayyid Shop,” (Senafti) , vol. 2, no. 1, pp. 1787–1795, 2022.

Downloads

Published

2025-01-06

Issue

Section

Articles