Pengembangan Multimedia Interaktif Model Simulasi Proses Pembuatan Batik Menggunakan Metode ADDIE
DOI:
https://doi.org/10.58794/jekin.v5i1.1009Keywords:
aplikasi, addie, batik, pembuatanAbstract
– Penelitian ini memiliki maksud untuk membuat aplikasi pada tata cara pembutan Batik. Batik adalah salah satu budaya di Indoesia yang dibuat dengan cara melukis kain dan memakai malam dalam pembuatanya. Oleh karena itu perlu dibuat aplikasi agar Budaya Batik bisa mengikuti kemajuan teknologi yang sedang terjadi. Penelitian ini memakai metode penelitian ADDIE dalam pembuatan aplikasi. Metode ADDIE adalah metode pengembangan yang mencakup 5 fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Metode ADDIE dipakai agar pembuatanya struktur dan membutuhkan evaluasi yang spesifik. Alasan penelitian ini dibuat untuk membantu masyarakat untuk memahami dan ajakan untuk melestarikan Budaya Batik di Indonesia. Terutama pada bidang pendidikan agar siswa dapat mengenal tata cara pembuatan batik melalui simulasi aplikasi yang akan dibuat pada penelitian ini.
Downloads
References
A. Faidlatul Habibah and I. Irwansyah, “ERA MASYARAKAT INFORMASI SEBAGAI DAMPAK MEDIA BARU,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 350–363, Jul. 2021, doi: 10.47233/jteksis.v3i2.255.
M. Desy Ria and A. Budiman, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PERPUSTAKAAN,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 122–133, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika
A. W. Syakhrani and M. L. Kamil, “BUDAYA DAN KEBUDAYAAN: TINJAUAN DARI BERBAGAI PAKAR, WUJUD-WUJUD KEBUDAYAAN, 7 UNSUR KEBUDAYAAN YANG BERSIFAT UNIVERSAL,” J. form Cult., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2022.
E. Siskowati and A. Prastowo, “PEMBENTUKAN KREATIFITAS MELALUI PEMBELAJARAN SBDP KELAS III PADA MATERI MENGGAMBAR DI SEKOLAH DASAR,” J. Pedagog. J. Pendidik. STKIP Bima, vol. 4, no. 1, pp. 42–47, 2022.
M. H. Romadhon, Y. Yudhistira, and M. Mukrodin, “Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus : CV Kopja Mandiri,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Perad., vol. 2, no. 1, pp. 30–36, 2021.
N. Rahina, “DESIGN OF MAGIC CANTING MULTIMEDIA AS EDUCATIONAL MEDIA IN PEKALONGAN BATIK MUSEUM,” Arty J. Seni Rupa, vol. 11, no. 3, p. 2022, 2022.
R. Cynthia and K. Saleh, “PEMBUATAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IKAT CELUP TEKNIK JUMPUTAN KELAS V SEKOLAH DASAR,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 30–38, 2023.
T. K. Aksanwidjaja, “PERANCANGAN VIDEO PROSES PRODUKSI BATIK SHIBORI DI GRIYA AMIRAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS,” Univ. Din., vol. 3, no. 2, p. 6, 2021.
I. R. Saputra, I. S. Widiati, M. Setiyawan, and A. Surakarta, “Implementasi Addie Dalam Pembuatan Game ‘Carakan’ Untuk Melestarikan Budaya Aksara Jawa,” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 7, no. 1, pp. 17–24, 2023.
R. A. H. Cahyadi, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ADDIE MODEL,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JEKIN - Jurnal Teknik Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JEKIN-Journal of Informatics Engineering is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0