Language Attitude Bidan Pada Ibu Hamil Terhadap Kepatuhan Kunjungan ANC di Klinik BPM Erni Naibaho
DOI:
https://doi.org/10.58794/jkems.v2i1.647Keywords:
Language Attitude, Bidan, Ibu Hamil, Kunjungan ANCAbstract
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting di dalam segala aspek, termasuk salah satu nya pada pelayanan medis. Karena dapat menyebabkan seseorang termotivasi ataupun enggan untuk melakukan suatu kegiatan yang di rasa penting. Bahasa adalah salah satu alat komunikasi manusia untuk berinteraksi dengan yang lainnya. Menggunakan bahasa yang baik dapat membantu orang lain untuk mencapai tujuan dengan semangat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap bahasa (language attitude) bidan Erni Naibaho dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan kunjungan Antenatal Care (ANC) di Klinik BPM Erni Naibaho yang bertempat di kecamatan dwi kora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan mewawancarai mengapa ibu hamil rajin untuk berkunjung ke Bidan Praktek Mandiri Erni Naibaho. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan phenomena yang terjadi melalui pengumpulan data untuk menngetahui bagaimana “Language Attitude Bidan Erni Pada Ibu Hamil Terhadap Kepatuhan Kunjungan Anc Di BPM Erni Naibaho”. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bidan Erni Naibaho memiliki sikap bahasa yang positif untuk memotivasi ibu hamil dan ibu hamil sanagt senang dengan pendekatan bidan erni dalam memberikan arahan agar untuk melakukan kunjungan ANC secara rutin karena bidan Erni menjelaskan dengan sikap bahasa yang baik dan lembut. Dan menerangkan manfaat dan buruk nya apaila tdak rajin berkunjung ANC.
References
R. H. Sumarto, “Komunikasi Dalam Kegiatan Public Relations,” Informasi, vol. 46, no. 1, p. 63, 2016, doi: 10.21831/informasi.v46i1.9650.
M. Ilham Muchtar, Z. Abidin, and D. Lama Bawa, “Analisis Prinsip Komunikasi Islami dalam Membangun Keluarga Harmonis Menurut Alqur’an,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 10, pp. 4705–4720, 2023.
Endang Fourianalistyawati, “KOMUNIKASI YANG RELEVAN DAN EFEKTIF ANTARA DOKTER DAN PASIEN,” J. Psikogenes., vol. 1, no. 1, pp. 82–87, 2012.
O. Mailani, I. Nuraeni, S. A. Syakila, and J. Lazuardi, “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia,” Kampret J., vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.35335/kampret.v1i1.8.
A. Faiz, K. A. Hakam, S. Sauri, and Y. Ruyadi, “Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 29, no. 1, pp. 13–28, 2020, doi: 10.17509/jpis.v29i1.24382.
T. Astuti, “Sikap dan Pemertahanan Bahasa Indonesia di Kalangan Akademisi (Tinjauan Deskriptif terhadap Fenomena Pemakaian Bahasa Indonesia),” Semin. Nas. Pendidik. Bhs. dan Sastra, pp. 154–163, 2019.
R. Riana and S. Setiadi, “Pengaruh Sikap Berbahasa Terhadap Penerapan Bahasa Indonesia Dalam Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro,” J. Din. Sos. Budaya, vol. 17, no. 1, p. 104, 2015, doi: 10.26623/jdsb.v17i1.506.
F. E. B. Setyawan, “Komunikasi Medis: Hubungan Dokter-Pasien,” MAGNA MEDICA Berk. Ilm. Kedokt. dan Kesehat., vol. 1, no. 4, p. 51, 2018, doi: 10.26714/magnamed.1.4.2017.51-57.
P. H. Emha Ainun Syai’an, Ahmad Qosim, Siti Muawanah, “Hubungan Komunikasi Bidan Dengan Pasien Terhadap Kepatuhan Kunjungan Anc Pada Ibu Hamil Trimester III Di Desa Pakis Kecamatan Kraden Kabupaten Grobogan,” J. Penelit. Pengabdi. Bidan, vol. 01, no. 01, pp. 46–51, 2023.
A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 33, pp. 81–95, 2018.