Pendampingan Inovasi dan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bakso GR Berkah Kelurahan Kampung Tengah

Authors

  • Nurmaliza Nurmaliza
  • Eva Oktariani Universitas Abdurrab
  • Sabrina Hayati Universitas Abdurrab
  • Stephen Scorpianus Ryanto Universitas Abdurrab
  • Alfatlillah Universitas Abdurrab
  • Windy Claudya Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.599

Keywords:

Pendampingan, Inovasi, Digitalisasi, UMKM

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengalami dampak dari adanya pandemi Covid-19. Penurunan daya beli konsumen menjadi suatu tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usahanya. Salah satu peluang pelaku UMKM untuk bertahan di masa pandemi saat ini adalah dengan cara memaksimalkan penjualan online. Tetapi tidak sedikit para pelaku UMKM yang masih belum paham dengan penjualan online ini. Maka dari itu, perlunya pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM dalam mencoba pasar online atau pilihan lain dengan memberdayakan pelaku UMKM dalam membranding produk unggulan. Dengan menggunakan dan mengelola media digital yang tepat, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat mengenai produk. Media digital yang bisa digunakan antara lain Facebook, WhatsApp, Instagram, dan platform lainnya. Para pelaku usaha juga bisa melakukan brand awareness dengan secara offline yaitu bisa mengembangkan inovasi yang belum ada seperti promosi dengan membagikan brosur-brosur, membuat daftar menu yang menarik atau membuat pricetag. Metode pendekatan yang digunakan dalam pengabdian masyarakat kali ini adalah dalam bentuk pendampingan terhadap pelaku usaha tentang inovasi dan digitalisasi usaha UMKM. Kegiatan pendampingan UMKM ini dilaksanakan di lokasi Bakso GR Berkah, Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Sukajadi. Proses kegiatan pendampingan UMKM berupa wawancara dengan pemilik usaha untuk mengetahui situasi kondisi usahanya saat ini, para anggota membantu membuat akun platform e-commerce Shopee dan WA Bisnis.

References

D. Aurelia Kuasa et al., “Urgensi Pendaftaran Merek Bagi UMKM di Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia”, Jur. Yustisiabel., vol. 6, no. 1, pp. 001-023, 2022, doi: https://doi.org/10.32529/yustisiabel.v6i1.1524.

K. Nurjaman, “Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia”, J. Abd. Per., vol. 3, no. 1, pp. 034-040, 2022, doi: https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.6.

S. Rimadias, “Faktor Penentu Kelangsungan Hidup UMKM di Indonesia Pasca Pandemi COVID-19”, JMSAB., vol. 6, no. 1, pp. 015-028, 2023, doi: https://doi.org/10.36407/jmsab.v6i1.579.

M. Iqbal Firdaus et al., “Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Era 4.0”, Jur. Graha Pen., vol. 4, no. 2, pp. 154-162, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162.

I. Putri Zahra et al., “Pendampingan dan Pengembangan Inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Toko Kuenak di Ciputat Timur”, Sem. Nas. Peng. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 001-004,

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles