Media Sosial dan Transformasi Pendidikan: Sosialisasi Program Dasar Untuk Membantu Logika dan Dampak Medsos Pada Belajar Remaja
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.539Keywords:
Media Sosial, Pendidikan, Belajar, RemajaAbstract
Kegiatan pengabdian ini merupakan sosialisasi mengenai dampak media sosial terhadap cara belajar remaja di SMKF IKASARI Kota Pekanbaru, dengan fokus pada program dasar untuk membantu logika dan pemahaman siswa tentang media sosial. Sosialisasi dimulai dengan berdoa bersama, menciptakan suasana yang hikmat sebelum memulai kegiatan. Selama sosialisasi, siswa diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas penggunaan media sosial dalam pembelajaran dan dampaknya pada produktivitas mereka. Mereka diajak untuk berpikirkritis, mengatur waktu belajar, dan menghindari distraksi yang mungkin muncul akibat penggunaan berlebihan media sosial. Program dasar yang disajikan memberikan alat dan strategi praktis untuk mengelola penggunaan media sosial dengan bijak. Hasil sosialisasi ini juga menggarisbawahi bahwa pendekatan terhadap media sosial saat belajar adalah hal yang sangat individual, sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Kesimpulannya, sosialisasi ini memberikan langkah awal yang penting dalam membantu siswa menjadi pelajar yang lebih efisien dan cerdas di era digital saat ini. Pengabdian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana siswa dapat menghadapi dampak media sosial dalam pembelajaran mereka dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola penggunaan media sosial dengan bijak
References
F. Thursina, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Siswa Pada Salah Satu SMAN di Kota Bandung,” J. Psikol. dan Konseling West …, vol. 1, no. 01, pp. 19–30, 2023, [Online]. Available: https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/view/180%0Ahttps://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/download/180/88
D. Sudarmika, “STRATEGI DAN UPAYA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM BUDAYA BARU Ayu Larasati 1 ,” pp. 921–926.
R. E. Marlamb, “ANALISIS KEHIDUPAN MANUSIA YANG BERDAMPINGAN DENGAN TEKNOLOGI,” Nusant. J. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 10, no. 5, pp. 2594–2603, 2023.
R. A. Kusuma, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia,” Mawa’Izh J. Dakwah Dan Pengemb. Sos. Kemanus., vol. 10, no. 2, pp. 273–290, 2019, doi: 10.32923/maw.v10i2.932.
A. Pujiono, “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Didache J. Christ. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.
Z. D. Rahmawati, “Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 97–113, 2020, doi: 10.52166/talim.v3i1.1910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0