Media Sosial dan Transformasi Pendidikan: Sosialisasi Program Dasar Untuk Membantu Logika dan Dampak Medsos Pada Belajar Remaja

Authors

  • Aqil Farras Universitas Abdurrab
  • May Valzon Universitas Abdurrab
  • Putri Nanda Utami Universitas Abdurrab
  • Arya Fino Hidayat Universitas Abdurrab
  • Atin Rahmatika Hasanah Universitas Abdurrab
  • Aulia Izzati Universitas Abdurrab
  • Nurul Maratis Solehah Universitas Abdurrab
  • Risa Aprilianti Universitas Abdurrab
  • Sri Wahyuni Universitas Abdurrab
  • Nissa Ulhusna Universitas Abdurrab
  • Asma Ul Husna Universitas Abdurrab
  • Kharisma Kusuma Wardani Universitas Abdurrab
  • Putri Nanda Utami Universitas Abdurrab
  • Kurnia Bagus Pramono Universitas Abdurrab
  • Hakim Safardi Universitas Abdurrab
  • Muhammad Imron Khoiri Universitas Abdurrab
  • Ahmad Naufal Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.539

Keywords:

Media Sosial, Pendidikan, Belajar, Remaja

Abstract

Kegiatan pengabdian ini merupakan sosialisasi mengenai dampak media sosial terhadap cara belajar remaja di SMKF IKASARI Kota Pekanbaru, dengan fokus pada program dasar untuk membantu logika dan pemahaman siswa tentang media sosial. Sosialisasi dimulai dengan berdoa bersama, menciptakan suasana yang hikmat sebelum memulai kegiatan. Selama sosialisasi, siswa diberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas penggunaan media sosial dalam pembelajaran dan dampaknya pada produktivitas mereka. Mereka diajak untuk berpikirkritis, mengatur waktu belajar, dan menghindari distraksi yang mungkin muncul akibat penggunaan berlebihan media sosial. Program dasar yang disajikan memberikan alat dan strategi praktis untuk mengelola penggunaan media sosial dengan bijak. Hasil sosialisasi ini juga menggarisbawahi bahwa pendekatan terhadap media sosial saat belajar adalah hal yang sangat individual, sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa. Kesimpulannya, sosialisasi ini memberikan langkah awal yang penting dalam membantu siswa menjadi pelajar yang lebih efisien dan cerdas di era digital saat ini. Pengabdian ini memberikan wawasan berharga tentang bagaimana siswa dapat menghadapi dampak media sosial dalam pembelajaran mereka dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola penggunaan media sosial dengan bijak

References

F. Thursina, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Siswa Pada Salah Satu SMAN di Kota Bandung,” J. Psikol. dan Konseling West …, vol. 1, no. 01, pp. 19–30, 2023, [Online]. Available: https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/view/180%0Ahttps://wnj.westscience-press.com/index.php/jpkws/article/download/180/88

D. Sudarmika, “STRATEGI DAN UPAYA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM BUDAYA BARU Ayu Larasati 1 ,” pp. 921–926.

R. E. Marlamb, “ANALISIS KEHIDUPAN MANUSIA YANG BERDAMPINGAN DENGAN TEKNOLOGI,” Nusant. J. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 10, no. 5, pp. 2594–2603, 2023.

R. A. Kusuma, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia,” Mawa’Izh J. Dakwah Dan Pengemb. Sos. Kemanus., vol. 10, no. 2, pp. 273–290, 2019, doi: 10.32923/maw.v10i2.932.

A. Pujiono, “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z,” Didache J. Christ. Educ., vol. 2, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.46445/djce.v2i1.396.

Z. D. Rahmawati, “Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak,” TA’LIM J. Stud. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 97–113, 2020, doi: 10.52166/talim.v3i1.1910.

Downloads

Published

2023-09-17

Issue

Section

Articles