Inovasi Umkm Keripik Pisang Sungai Pinang Kecamatan Tambang

Authors

  • Rizki Ramadhan Husaini
  • M. Zainul Arifin Univeristas Abdurrab
  • Elmira Dini Safira Univeristas Abdurrab
  • Eni Yanti Wulan Dari Univeristas Abdurrab
  • Huning Perwita Sari Univeristas Abdurrab
  • Nazila Istifadhah Univeristas Abdurrab
  • Reni Maharani Univeristas Abdurrab
  • Aprilia Indriani Univeristas Abdurrab
  • Indah Insani Putri Univeristas Abdurrab
  • Nilam Maryam Univeristas Abdurrab
  • Nova Melinda Univeristas Abdurrab
  • Ridwansyah Univeristas Abdurrab
  • Alya Lulu Nabila Univeristas Abdurrab
  • Nanda Pratama Univeristas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.529

Keywords:

Keripik, Pisang, Inovasi, Pemasaran, UMKM

Abstract

Dalam sebuah usaha inovasi, peningkatan produksi dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam suatu usaha. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis yang menjadi salah satu bidang yang digandrungi masyarakat. Keripik umumnya masih di produksi oleh industri rumah tangga dalam skala kecil. Industri rumah tangga terkendala untuk meningkatkan produksi karena kurangnya teknik pemasaran dan kurangnya inovasi. Dalam kegiatan ini Tim pengabdi melaksanakan bentuk kegiatan pengabdian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan mitra pengabdian produsen keripik pisang yang berada di Dusun III Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Kampar. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan yaitu pelatihan pembuatan keripik pisang dengan varian rasa, pemberian bantuan peralatan dan bahan untuk meningkatkan produksi dan pendampingan pembuatan desain label kemasan. Hasil kegiatan ini antara lain adanya peningkatan keterampilan mitra dalam memproduksi keripik, peningkatan skala produksi, dan peningkatan penghasilan mitra dari sebelumnya.

References

M. Andivas, H. T. Trisnawati, A. F. Wijanarko, A. Azzahra, H. Widya, and M. Sari, “Pelatihan Perancangan Desain Kemasan Produk UMKM Keripik Pisang Menggunakan Perangkat Lunak Canva,” vol. 7, no. 3, pp. 450–457, 2023.

P. K. M. P. Kemasan et al., “Pkm pembuatan kemasan, peningkatan produksi, dan perluasan pemasaran keripik pisang, kerupuk bawang, dan kuping gajah dengan varian rasa,” no. 1, pp. 225–232, 2000.

L. K. Praktik et al., “Magang E,” no. 2041810002, 2021.

H. Helmita, “Peran Strategi Komuikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Keripik Pisang Oleh–Oleh Khas Lampung Pada Umkm Keripi …,” J. Media Ekon., no. 2, pp. 1–11, 2022.

K. A. Baihaqi, T. Informatika, and F. I. Komputer, “Pemanfaatan Media Sosial Dan Website Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Keripik Pisang,” pp. 579–584, 2023.

S. Dewi, R. Efendi, and A. R. Pratama, “Pengembangan umkm keripik pisang dan peyek desa kutawargi melalui inovasi dan digitalisasi,” vol. 2, no. 2, pp. 6605–6615.

Y. M. Hasanah, N. R. I. H. Husnul, L. F. Masitoh, and W. G. Aedi, “JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang,” JAMAIKA J. Abdi Masy., vol. 1, no. 3, pp. 133–139, 2020, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/6891

M. Apriyani, H. Hardjomidjojo, and D. Kadarisman, “Prospek Pengembangan Usaha Keripik Pisang di Bandarlampung,” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, vol. 9, no. 1, pp. 89–95, 2014, doi: 10.29244/mikm.9.1.89-95.

M. Keripik et al., “PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI,” 2021.

U. N. U. R. Lia, “Pendampingan Pisang,” 2022.

Downloads

Published

2023-09-09

Issue

Section

Articles