A Capacity Building (Komunikasi Efektif dan Pengembangan Diri) Bagi Mahasiswa STEI Iqra Annisa

Authors

  • Nurul Mustaqimmah Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v2i1.50

Keywords:

Komunikasi Efektif, Personal Branding, Capacity Building

Abstract

Capacity building merupakan suatu rangkaian kegiatan dan proses untuk membangun atau memperbaiki kemampuan seseorang untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Kegaitan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan skill yang dimiliki individu khususnya calon alumni yang akan menghadapi dunia kerja. Beberapa skill yang coba diberikan pada kegiatan ini antara lain Komunikasi efektif, personal branding, self acceptance, pengembangan diri, grooming,  dan pengambilan photo formal. Berdasarkan analisis situasi terhadap audiens pengabdian ini, calon alumni STEI Iqra Annisa masih belum mampu berkomunikasi secara efektif dan mengemas personal branding yang baik. Sebagai solusinya tim pengabdi meyakini bahwa calon alumni perlu dibekali skill ini untuk dapat segera bergabung dalam dunia kerja. kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dan audiens begitu antusias. Anggota yang terlibat dalam pengabdian ini adalah seluruh dosen Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab. Kemampuan komunikasi efektif, kemampuan mengemas personal branding dan hasil pas photo formal yang akan dipergunakan dalam pembuatan surat lamaran kerja nantinya adalah capaian dalam kegiatan capacity building (Komunikasi Efektif dan pengembangan diri) bagi mahasiswa STEI Iqra Annisa.

References

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang Efektif Roswita Oktavianti1 dan Farid Rusd. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Ahda dkk. 2021. Komunikasi Efektif dengan Menggunakan Teknik S.B.A.R pada Staf dan Karyawan RS Mata Pekanbaru Eye Center. Pekanbaru: Menara Riau Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pengambangan Masyarakat Islam

Fitriani, R. (2019), Strategi Pengelolaan Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram. Ilmu sosial dan ilmu politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa A.W.Wijaya. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Imawati, A., Solihah, A., Shihab, M. (2016). Analisis Personal Branding Fashion Blogger Diana Rikasari. Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik. 5(3), 175-184

Downloads

Published

2022-06-08

Issue

Section

Articles