Pendampingan Umkm Belopar Rempeyek Dalam Produksi Keripik Rempeyek Kacang Melalui Strategi Repackaging

Authors

  • Hasriliandi Halim Andi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Adam Rahman Suradi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Fatmawati Ramli Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Irga Satrawati Taslim Universitas Muhammadiyah Bone
  • Agustan Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i1.447

Keywords:

Pendampingan, Pengemasan Ulang, UMKM

Abstract

Sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar, muncul berbagai jenis UMKM Baru yang akhirnya menjawab tantangan baru tersebut dalam memproduksi aneka makanan dan keripik di Rumah saja. Populasi UMKM berkembang pesat karena kebiajakan tersebut. UMKM menjadi solusi ekonomi alternatif masyarakat dalam menggerakan kembali perekonomian keluarga yang sempat terhenti karena pandemi COVID-19. Namun, dari banyaknya UMKM tersebut, hanya sedikit yang mampu bertahan dan melakukan survive dengan pesaing yang ada di pasar, selebihnya bahkan jalan di tempat, bahkan beberapa diantaranya gulung tikar. Kondisi tersebut terjadi karena kurangnya wawasan pemilik dalam mengelola usaha dan ketidakmampuan pemilik untuk mengikuti arus teknologi yang semakin berkembang. Hadirnya pengabdian kepada masyarakat ini yang dilakukan kepada salah seorang pemilik sekaligus pelaku UMKM di desa Bonto Lebang melalui pendampingan UMKM Belopar Rempeyek melalui strategi repackaging. PKM ini berlangsung selama 2 bulan dimulai dari tanggal 28 April 2023 – 28 Juni 2023. Metode yang digunakan adalah metode pendampingan kepada UMKM Belopar rempeyek yang telah cukup lama berjalan namun sulit mengalami perkembangan yang signifikan seperti para pesaing lainnya. Hasil dari strategi repackaging yang dilakukan, diharapkan mampu membuat tampilan produk yang dipasarkan menjadi lebih menarik dan elegan. Tampilan yang lebih menarik tentunya diharapkan akan membuat konsumen lebih tertarik dan membeli produk tersebut.

References

Adawiyah, W. R. (2014). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 2(2), 165.

Ariano, M. (2017). Pengaruh Rebranding Dan Repositioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1453.

Arifin, N. (2020). Manajemen Bisnis die era Pandemi Covid-19 & New Normal: Keterlibatan SDM di era New Normal. In Manajemen Bisnis di Era Pandemi COVID-19 & New Normal.

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah serta Solusinya . Info Singkat, Volume XIII No 10/II/Puslit/Mei/2021, 19-24.

Eka Fitriana, Kharisma. 2019. “Jual Beli Produk Minuman Repacking Ditinjau dari Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan Dan Etika Bisnis Islam (Study Kasus Kedai Teh Mbah Djie Desa Kutoanyar Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung)”. (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung).

Ferdinand. 2008. “Analisis Pengaruh Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Study Kasus Pada Kemasan Mie Instan Merek Indomie Terhadap Mahasiswa Universitas Sanata Dharma)”, (Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan 2020, 277–289.

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2),181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2. 1251

Putri, M. A., Septyanani, R., & Santoso, A. P. (2020). Dampak Covid-19 Pada Perekonomian Indonesia. Prosiding HUBISINTEK, 1, 198.

Pratiwi, Mirza Ayunda; Aisyab, Niki; Saputra, Febri Eka. 2021. Kondisi dan Strategi UMKM disaat Pandemi Covid-19 di ota Tanjungpinang. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/29.pdf

Rosita, Rahmi. 2020. Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia, Jurnal Lentera Bisnis Volume 9 No. 2, November 2020, DOI:10.34127/jrlab.v9i2.380

Downloads

Published

2023-07-06

Issue

Section

Articles