Pembuatan Fermentasi Batang Pisang Untuk Pakan Ternak di Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Sitti Nurani Sirajuddin Departemen Sosial Ekonomi Peternakan,Fakultas Peternakan,Universitas Hasanuddin
  • Siti Nurlaelah Departemen Sosial Ekonomi Peternakan,Fakultas Peternakan,Universitas Hasanuddin
  • Amidah Amrawaty Departemen Sosial Ekonomi Peternakan,Fakultas Peternakan,Universitas Hasanuddin
  • Ilham Rasyid Departemen Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin
  • Surya Kalimbunga Departemen Sosial Ekonomi Peternakan,Fakultas Peternakan,Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v3i1.436

Keywords:

pakan ternak, Batang Pisang, ternak

Abstract

Kegiatan berfokus kepada peternak dan kelompok dasawisma dalam pemenuhan pakan ternaknya. Dasar pertimbangan hadirnya program kerja ini ditujukan kepada peternak dan kelompok dasawisma adalah dengan melihat ketersediaan sumber daya yang cukup banyak. Selain itu juga dengan melihat hampir semua anggota kelompok tani memiliki ternak . Dari kegiatan ini diharapkan masyarakat dalam hal ini peternak dan kelompok dasawisma mampu membuat pakan ternak berbahan dasar batang pisang yang difermentasi melihat kebiasaan petani memberikan pakan ternak batang pisang tanpa fermentasi yang mengakibatkan rendahnya nilai gizi dari batang pisang. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian yaitu hadirnya pakan ternak  berbahan dasar batang pisang yang terfermentasi.

References

Achmadi, Joelal.2007. Kualitas Pakan Ternak Yang Baik dan Aman untuk Mendukung Kesuksesan Usaha Peternakan. Ungaran: Balai Pengujian Mutu Pakan Ternak Direktoral Jenderal Peternakan Departemen Pertanian.

Aswandi, A. (2012). Evaluasi sifat fisik dan kimia tepung bonggol dari berbagai varietas tanaman pisang, Jurnal Triton, 3(1), 25-32.

Dhalika, dkk. 2012. Evaluasi Karbohidrat dan Lemak Batang Tanaman Pisang (Musa paradisiaca. Val) Hasil Fermentasi Anaerob dengan Suplementasi Nitrogen dan Sulfur sebagai Bahan Pakan Ternak. Jurnal Pastura. Vol.2 No.2 ISSN: 2088-818X. Bandung: Fakultas PeternakamUniversitas Padjadjaran.

Helmi, Z., Haryanto, Y., Anwarudin, O., & Trisnasari, W. (2019). Paradigma Penyuluhan di Era Teknologi Informasi. Makassar: Tohar Media.

Lima Franky. 2007. Pengaruh Penggunaan Bonggol Pisang Fermentasi Dalam Ransum Terhadap Konversi Dan Konsumsi Air Ternak Babi. Universitas Nusa Cendana.

Rasyid,I, S N Sirajuddin, V S Lestari, Jamila.2022. Proses Pembuatan Fermentasi Tongkol Jagung Pada Kelompok Ternak Sapi Potong di Kecamatan Donri-Donri, Kabupaten Soppeng.Jdistira.2(2):99-102

Utama, C. S. dan A. Mulyanto. 2009. Potensi limbah pasar sayur menjadi starter fermentasi. Jurnal Kesehatan Vol. 2(1): 6- 13.

Wahyono, D. Eko dan R. Hardianto. 2004. Pemanfaatan sumberdaya pakan lokal untuk pengembangan usaha sapi potong. Lokakarya Nasional Sapi Potong. 66-76.

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles