Sosialisasi Pembelajaran Daring Untuk Siswa SMK Taruna

Authors

  • Debi Setiawan Univeristas Abdurrab
  • Diki Arisandi Univeristas Abdurrab
  • Luluk Elvitria Univeristas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v1i2.431

Keywords:

Sosialisasi, Pembelajaran, Daring, Siswa

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan Internet, menjadikan bidang pendidikan pun ikut mengalami perkembangan. Terutama metode pembelajaran yang dilakukan secara online yang biasa disebut dengan e-learning. Salah satunya dengan pemanfaatan aplikasi Google Classroom. Dalam pemanfaatan aplikasi Google Classroom menjadikan pembelajaran lebih efektif dan efesien dikarenakan guru dan siswa dapat setiap saat berinteraksi secara online di aplikasi Google Classroom, dimana siswa dapat belajar, berdiskusi, mengunduh materi, dan mengirim tugas dari jarak jauh. Oleh karenanya tujuan dalam pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan edukasi mengenai pembelajaran dan serta workshop tentang optimalisasi pembelajaran dengan menggunakan Google Classroom di SMK Taruna Mandiri. Diharapkan dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu guru dan siswa dalam belajar mengajar menggunakan media aplikasi Google Classroom.

References

D. Setiawan, “Model Pembelajaran Fun dimasa Pandemi Covid 19 Pada Siswa SMK Taruna,” JDISTIRA(Jurnal Pengabdi. Inov. dan Teknol. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 6–13, 2021.

D. Setiawan, “Penerapan Exambro Sebagai Pendukung CBT ( Computer Base Test ),” vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2021.

M. H. Assidiqi and W. Sumarni, “Pemanfaatan platform digital di masa pandemi covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj., pp. 298–303, 2020, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519.

M. M. Huda and A. A. Zafi, “Penerapan Aplikasi Classroom pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 02, pp. 221–235, 2021, doi: 10.37542/iq.v4i02.163.

G. M. Nurdin, N. Amaliah, and S. Nurhalisah, “Analisis Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 212–216, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.2868.

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Articles