Implementasi Aplikasi PosyanduQ Berbasis Mobile Pada Kader dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v1i1.30Keywords:
Aplikasi, PosyanduQ, Mobile, Pelayanan, KesehatanAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini di lakukan pada posyandu Sri Mersing di kelurahan Sialang Munggu Saat ini posyandu Sri Mersing memiliki 5 kader kesehatan. Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Berdasarkan observasi di lapangan di temukan bahwa posyandu Sri Mersing belum memiliki iptek dalam memantau perkembangan kesehatan masyarakat terutama perkembangan kesehatan balita dan batita. Solusi dari permasalahan tersebut adalah implementasi aplikasi berbasis mobile pada kader kesehatan dan masyarakat di RW 18 Kelurahan Sialang Munggu. Aplikasi berbasis mobile dipilih karena menjadi pilihan yang efektif dan inovatif mengingat hampir semua masyarakat lebih tertarik dengan sesuatu yang disebarkan dengan media digital.
References
D. R. Suraya, M. F. Muqsith, and R. Budiawan, “Aplikasi Sistem Informasi Posyandu Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Balita,” Proceeding Appl. Sci., vol. 7, no. 5, p. 22, 2021.
I. P. G. Sutrisna, K. Nuryanto, and I. A. M. Damayanti, “Promosi Kesehatan Berbasis Literasi Digital di Posyandu Banjar Teges Kanginan,” J. Abdiman ITEKES Bali, vol. 1, no. 1, pp. 32–36, 2021, doi: 10.19016/jcshokuriku.3.0_1.
R. N. Putri, D. Setiawan, denieke wanita marwan Warman, Y. Desnelita, Gustientiedina, and Irwan, “PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN SOSIALISASI PELAKSANAAN POSYANDU PADA MASA PANDEMI COVID 19 DAN PENERAPAN APLIKASI MOBILE POSYANDU Q,” Lab. Penelit. dan Pengemb. FARMAKA Trop. Fak. Farm. Univ. Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, vol. 01, no. April, pp. 5–24, 2016.
A. Hubaedah, Y. K. Waroh, and A. Latifah, “Implementasi Digital Smart Care pada Kader Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan Stunting,” J. ABDIMAS-HIP Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 36–40, 2021, doi: 10.37402/abdimaship.vol2.iss1.128.
Sumarni and F. Prabandari, “Hubungan Pengetahuan Dan Persepsi Ibu Balita Tentang Pelayanan Kesehatan Balita Selama Pandemi Covid 19 Dengan Pelaksanaan Tele Konsultasi Pelayanan Kesehatan,” J. Kesehat., vol. 14, no. 1, pp. 98–105, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0