Upaya Peningkatan Literasi melalui Strategi Pembelajaran Interaktif pada Program KKN Mengajar di Desa Mattampawalie
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v6i1.1733Keywords:
KKN Mengajar, Literasi, Pembelajaran Interaktif, Pengabdian MasyarakatAbstract
Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mengajar di Desa Mattampawalie bertujuan meningkatkan keterampilan literasi dasar dan motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi pembelajaran interaktif di sekolah pedesaan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan membaca-menulis serta keterbatasan sarana dan akses internet. Pengabdian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi partisipatif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sebanyak 256 siswa dari tiga sekolah SD Inpres 7/83, SD Negeri 156, dan SMP Negeri 5 Lappariaja berpartisipasi dengan pendampingan tujuh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bone. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: 66% siswa SD Inpres 7/83 lebih lancar membaca, 60% siswa SD Negeri 156 menulis lebih cepat dan tepat, serta partisipasi aktif siswa SMP Negeri 5 Lappariaja meningkat hampir tiga kali lipat. Secara keseluruhan, sekitar 70% siswa menunjukkan motivasi dan keterlibatan belajar yang lebih tinggi. Kebaruan program ini terletak pada penerapan strategi interaktif permainan edukatif, ice breaking, dan sistem reward yang efektif memperkuat budaya literasi di sekolah dengan fasilitas terbatas. Kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat direkomendasikan untuk menjamin keberlanjutan program.
References
F. Kurniawati, “Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi,” Acad. Educ. Journal, vol. 1, no. 13, pp. 1–13, 2022.
N. Magfiroh and A. Nugraheni, “Analisis penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia,” J. Ilm. Multidisipline, vol. 1, pp. 52–57, 2024.
N. Muala and A. Nugraheni, “Peningkatan pendidikan berkualitas dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs),” J. Ilm. Multidisipline, vol. 2, no. 3, pp. 40–46, 2024.
W. Nashihuddin, “Peran perpustakaan sebagai media literasi digital masyarakat,” J. Polit. Dan Sos. Kemasyarakatan, 2020.
N. Amalia and F. Dewi, “Pembudayaan Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDIT Baiturrahman Sepat,” J. Elem. Edukasia, vol. 6, no. 4, pp. 1624–1634, 2023.
A. Wahyuni, S., & Putra, “Pengaruh Program Kkn Mengajar Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.,” J. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 2, no. 45, pp. 123–135, 2022.
E. Murdiyanto, Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Yogyakarta: Yogyakarta Press, 2020.
H. J. Putri and S. Murhayati, “Metode Pengumpulan Data Kualitatif,” J. Pendidik. Tambusa, vol. 9, no. 01, pp. 1–6, 2022.
M. Selvia, “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas II Sekolah Dasar,” J. Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, vol. 2, no. 10, p. 122, 2022.
S. Yustuti, “Efektivitas Metode Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Nahwu Siswa Kelas I di Sekolah Menengah Institut Muhammadiyah Pekanbaru,” J. Pembelajaran Bhs. Arab, vol. 3, no. 1, pp. 107–111, 2023.
H. A. Ali, L. C. Maniboey, R. Megawati, C. F. Djarwo, and R. Listiani, Media Pembelajaran Interaktif: Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.
M. Ainun, R. N. Sakhariyah, and F. T. Khalia, “Peran program KKN Mengajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Rowobranten, Kendal,” Din. Sos. J. Pengabdi. Masy. dan Transform. Kesejaht., vol. 1, no. 4, pp. 38–46, 2024.
T. S. Najah, I. Pebrianti, and H. Rifaat, “Peran Mahasiswa KKN Dalam Membantu Kegiatan Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Desa Tahai Baru,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 4193–4200, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0







